Ini Dia, 8 Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Didatangi

0

Bandung. Kota elok ini rasanya selalu menyimpan teka-teki yang tidak ada habisnya untuk digali. Entah itu dari keindahan alamnya yang menyuguhkan view super eksotis, sajian kulinernya yang selalu berhasil menggoyang lidah, hingga kearifan lokal yang bisa dibilang tiada duanya.

Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini sejak dulu dikenal sebagai surganya destinasi wisata yang ciamik. Tak hanya ampuh mengusir kepenatan Anda setelah sekian lama berkutat dengan pekerjaan, Bandung juga memberikan pengalaman berlibur yang tidak terlupakan.

Sisi-sisi unik yang menjadi rahasia tersendiri adalah daya tarik yang membuat kunjungan pelancong dari dalam maupun luar negeri terus bertambah setiap tahunnya. Tak hanya itu saja, Bandung yang kaya dengan wisata sejarahnya acapkali dijadikan destinasi pertama bagi mereka yang menginginkan liburan sekaligus memperluas pengetahuan. Akses yang mumpuni juga menempati posisi yang cukup penting dalam hal ini.

Tata kota yang rapi, transportasi umum dan pribadi yang memadai, serta letaknya yang berada di daerah pegunungan menyulap Bandung menjadi sebuah objek yang sayang sekali untuk dilewatkan. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir lantaran banyak jasa travel yang akan menghantarkan Anda.

Nah, Anda yang berencana mengunjungi Paris Van Java untuk menetralisir kepenatan, beberapa tempat wisata di Bandung berikut ini patut Anda jadikan referensi.

  1. Kawah Putih Ciwidey

Tidak perlu repot-repot mengerahkan waktu dan tenaga untuk pergi ke luar negeri demi mendapatkan sensasi travelling yang keren kalau di Indonesia saja Anda bisa dengan gampang menemukan objek yang luar biasa bagusnya. Kawah Putih adalah spot paling menarik yang instagramable. Satu diantara sekian banyak destinasi di Bandung yang populer, terutama di kalangan pecinta alam ini merupakan sebuah kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih.

Terletak sekitar 50 Km dari pusat kota, tempat wisata di Bandung ini memiliki warna putih yang disebabkan oleh belerang di dalam tanahnya. Keunikan lain dari kawah ini yaitu airnya selalu berubah-ubah warna.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Jangan ngaku Anda backpacker sejati kalau belum sempat berjabat tangan dengan kecantikan gunung yang bentuknya mirip perahu terbalik ini. Cerita rakyat dan berkembang dan hidup secara turun temurun mengenai terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu dilatarbelakangi oleh kelakuan Sangkuriang, pemuda yang pandai berburu, namun mencintai ibunya kandungnya. Keadaan yang memisahkan mereka membuat Sangkuriang tidak peduli dan ingin meminang gadis pujaan yang tak lain adalah sang ibu. Demi bisa menolak ajakan darah dagingnya, Dayang Sumbi menyertakan syarat untuk mendirikan seribu candi. Namun Sangkuriang gagal dan menendang perahunya.

Tempat wisata di Bandung ini berjarak 20 km di utara kota Bandung.

  1. Trans Studio Bandung

Merupakan wisata rekreasi permainan yang berlokasi menyatu dengan Trans Studio Mall. Simpelnya, tempat ini bisa dikatakan Dufan di dalam ruangan. Menampilkan lebih dari 20 permainan dengan harga tiket masuk Rp 150.000 rupiah untuk senin hingga jumat dan Rp 250.000 pada wekeend, Trans Studio sukses menggasak predikat wahana permainan indoor terbesar di dunia. Destinasi wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung ini masih satu kawasan dengan 2 hotel kelas internasional sehingga anda tidak perlu cemas memikirkan penginapan yang nyaman dan aman.

Hebatnya tempat wisata di Bandung ini juga mempunyai banyak atraksi dan tak jarang menggelar pertunjukkan sirkus untuk membuat pengunjungnya terhibur.

  1. Curug Dago

Inilah lokasi yang mesti anda sambangi. Gemercik air pegunungan alami yang jatuh dari atas dan membentuk kolam sedang di bawahnya adalah suguhan alam yang akan mempesona mata Anda. Ketika Anda menginjakkan kaki untuk pertama kalinya, hawa sejuk dan udara bebas polusi akan merefresh otak dan membuat pikiran Anda fokus kembali.

Berlokasi di Kecamatan Coblong, Dago, air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, hanya 10 meter saja. Namun background estetis pemberian Tuhan Yang Maha Esa ini tidak boleh anda tinggalkan. Tempat wisata di Bandung ini tengah naik daun dan ngehits di kalangan traveller.

  1. Pasar Baru

Travelling tanpa belanja rasanya tidak afdol ya?. Meski tidak tercantum dalam jadwal utama, berburu pernak-pernik yang menjadi ciri khas mulai dari pakaian, tas, hingga aksesoris adalah momentum paling ditunggu-tunggu. Terutama buat kaum hawa yang hobi shopping.

Anda yang bermaksud mencari oleh-oleh untuk keluarga id rumah, Pasar Baru adalah rekomendasi yang paling pas.

Anda yang gandrung mengoleksi item fashion dengan harga murah meriah dan didesain dengan berbagai model, Pasar Baru tidak akan menguras kocek anda. Sama seperti Malioboro di Jogja, pasar yang juga menjual makanan khas daerah setempat ini membuka peluang yang besar bagi setiap wisatawan untuk menawar harga semiring mungkin.

  1. Observatorium Bosscha

Wisata berbasis edukasi ini sangat disarankan untuk anda yang ingin mengajak si kecil rekreasi. Sembari menambah wawasan dan mengembalikan mood buah hati untuk bersekolah lagi, tempat wisata di bandung ini tak lain adalah area pengamatan bintang. Berlokasi di Lembang, sekitar 15 km di utara kota Bandung, Anda bisa menjangkau objek ini dengan mobil maupun kendaraan roda dua.

Apabila dulu Anda pernah menonton film β€œPetualangan Sherina” maka Anda akan merasa familiar dengan tempat yang notabene adalah lokasi pengambilan film yang pernah kondang di jamannya ini. Jika anda ingin mengunjungi Observatorium Bosscha, maka diharuskan mendaftar dahulu.

  1. Air Panas Ciater

Pemandian air panas ini tak hanya mengusir rasa jenuh Anda lantaran terlalu sering terjebak kemacetan ibukota. Berada di perbatasan Subang, Air Panas Ciater ini merupakan destinasi wisata paling ramai. Selain tiketnya yang cukup murah, sejumlah fasilitas seperti toilet dan warung-warung kecil yang menjual bermacam-macam makanan dan minuman membuktikan bahwa perbaikan tak hanya dilakukan untuk infrastrukturnya, namun pelayanan lain yang juga giat digalakkan. 30 km di utara Bandung, sumber air panas ini berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu.

Air panas dipercaya mampu mengobati sakit kulit.

  1. Kebun binatang Bandung

Satwa endemik Indonesia maupun dari luar negeri dirawat secara baik oleh pengelola tempat wisata di Bandung ini. Anda bisa memperkenalkan nama-nama hewan kepada si buah hati dengan cara yang menyenangkan, memberi monyet makan dengan pisang atau kacang secara tidak langsung sudah mendekatkan mereka kepada satwa-satwa yang mesti dilestarikan keberadaanya agar tidak terancam punah.

Jelaskan kepada mereka bahwa hewan-hewan tersebut harus dilindungi karena erat kaitannya dengan ekosistem dan kelestarian lingkungan. Lebih jauh lagi, perburuan liar yang mengancam habitat mereka adalah tindakan tidak terpuji yang mesti dihindari. Jadi, wisata edukatif ini sangat disarankan untuk disinggahi. Setiap orang akan dikenakan tiket masuk Rp 20.000 per orang.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa Anda jadikan panduan. Selamat berlibur. Semoga menyenangkan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.