Butuh Penyegaran Saat Akhir Pekan? Yuk, Kunjungi 33 Tempat Wisata di Bandung Ini

0

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata bersuasana tenang, berhawa sejuk, dan punya lanskap menawan? Kota Bandung bisa menjadi destinasi yang tepat untuk berlibur di akhir pekan. Pasalnya, kawasan ini tidak hanya indah, tetapi juga eksotis dan kekinian.

Nah, sebagai referensi, berikut ini ada 33 tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1.  Wisata Kawah Tangkuban Perahu

wisata kawah tangkuban perahu

Terletak di ketinggian 2.084 mdpl, Tangkuban Perahu menyuguhkan panorama stratovolcano. Gunung aktif ini memiliki tiga kawah utama, yaitu Ratu, Upas, dan Domas. Kepulan asap belerang dari danau kepundan adalah daya tarik utamanya. Selain itu, di sana tersedia fasilitas penginapan, kamar mandi, musala, toko suvenir, area parkir, dan pusat kuliner.

Objek wisata Tangkuban Perahu berlokasi di Bandung Barat, tepatnya Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikole, Lembang. Untuk memasuki kawasan tersebut, Anda harus membeli tiket. Wisatawan lokal mesti membayar Rp20.000-30.000 per orang, sedangkan turis asing dikenai tarif Rp200.000-300.000.

2.  Kawah Putih Ciwidey

wisata kawah putih ciwidey

Kawah putih; danau vulkanik dengan gradasi warna eksotis. Perairan tersebut dibatasi tanah berwarna putih yang mengandung unsur belerang. Seluruh kawasan ini dikelilingi perbukitan dan tebing bebatuan. Beberapa pohon tumbuh kokoh di tengah danau, meskipun tak berdaun.

Karena berada di Ciwidey, tempat tersebut dinamakan Kawah Putih Ciwidey. Alamat lengkapnya di Jalan Soreang, kurang lebih 50 km dari Kota Bandung. Fasilitas objek wisata ini cukup lengkap, antara lain penginapan, restoran, toilet umum, musala, serta layanan transportasi dari gerbang utama ke kepundan. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, sekitar Rp18.000 per orang. Sementara itu, tarif khusus pengunjung yang ingin foto prewedding mencapai Rp500.000.

3. Situ Patenggang Ciwidey

wisata situ patenggang ciwidey

Pernahkah Anda mendengar legenda Dewi Rengganis dan Ki Santang? Kisah cinta tersebut berasal dari Danau Situ Patenggang, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Ciwidey. Telaga bening dengan luas 45.000 hektare ini menawarkan pemandangan elok dan asri. Di tepi danau terbentang rumput, pepohonan pinus, serta perkebunan teh yang tampak hijau. Sementara itu, di tengah perairan terdapat batu cinta dan Pulau Asmara.

Soal Fasilitas, di Situ Patenggang tersedia gazebo, akomodasi, toko suvenir, toilet umum, dan rumah makan. Untuk menunjang aktivitas wisata, pun sudah disiapkan perahu angsa, sepeda air, serta perahu kayu. Tertarik mengunjungi tempat tersebut? Siapkan bujet tiket sekitar Rp15.000 per orang.

4. Wisata Maribaya Lembang

wisata maribaya lembang

Anda menyukai tantangan? Tidak salahnya menyambangi objek wisata Maribaya di Jalan Raya Maribaya, Lembang. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus hiking melewati Hutan Raya Djuanda. Setelah tiba di destinasi, tampak beberapa atraksi menarik, semisal air terjun, Sky Bridge Tapak Halimun, dan kolam rendam air panas.

Selain fasilitas tersebut, objek wisata Maribaya juga menawarkan aneka outbond, restoran, serta beragam akomodasi. Bagi yang suka berkemah, bisa menyewa Glamping The Lodge Maribaya. Adapun tiket masuk ke kawasan Maribaya, sekitar Rp20.000-25.000 per orang.

5. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

wisata tahura djuanda

Tahura Djuanda merupakan kawasan konservasi alam dengan luas 590 hektare. Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Djuanda, Kampung Pakar, Desa Ciburial, Cimehyan. Area rekreasi alam tersebut memiliki lebih dari 2.500 jenis flora yang berasal dari 40 familia dan 112 spesies. Di samping itu pun terdapat beberapa atraksi menarik, antara lain Goa Jepang, Goa Belanda, penangkaran rusa, serta taman bermain.

Untuk mendukung kegiatan di Tahura, pengelola menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari akomodasi, area paintball, outbond, pusat kebugaran, panggung, hingga sentra kuliner. Supaya bisa menikmati semua itu, Anda harus masuk ke kawasan hutan raya dengan membayar Rp11.000 per orang. Namun, khusus wisatawan asing, biaya tiketnya sekitar Rp76.000.

6. Kampung Cai Ranca Upas

 

Berada di kawasan pegunungan, Kampung Cai Ranca Upas menawarkan wisata alam dengan konsep perkemahan dan penangkaran rusa. Anda bisa menyewa perlengkapan kemah di sana, semisal tenda, petromak, sleeping bag, dan kayu bakar. Selain itu, pengunjung disuguhi kolam renang air panas, area outbond, serta ragam kuliner khas Bandung.

Kampung Cai Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang, Alam Endah atau sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung. Untuk masuk ke kawasan tersebut, setiap pengunjung harus membeli tiket senilai Rp15.000. Namun, biaya tersebut belum termasuk tiket camping atau wahana di dalam area wisata.

7. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung dijadikan tempat wisata sejak tahun 1930. Tidak kurang dari 230 fauna hidup di kawasan seluas 13,5 hektare tersebut. Koleksi satwa dilindungi dalam area perkandangan dengan luas sekitar 3 hektare. Sementara itu, sisanya digunakan untuk taman, kolam, museum, dan wahana flying fox. Fasilitas lesehan, tempat istirahat, toilet umum, serta musala pun disediakan sebagai penunjang kegiatan rekreasi.

Kebun Binatang ini berlokasi di pusat Kota Bandung. Tepatnya di Jalan Kebun Binatang, Lebak Siliwangi, Coblong. Untuk tiket masuknya sekitar Rp25.000 per orang. Namun, biaya tersebut bisa mencapai Rp40.000 ketika peak season. Nah, jika ingin menikmati berbagai wahana di dalam area, Anda mesti membeli tiket tambahan. Tarifnya sesuai peraturan masing-masing zona.

8. Stone Garden Citatah Padalarang

Anda ingin melihat peninggalan zaman purba? Stone Garden Geo Park merupakan lokasi yang tepat untuk menyaksikan keajaiban alam di masa lampau. Tempat tersebut menyuguhkan ratusan batu berumur lebih dari 27 juta tahun. Di kawasan bekas danau ini, juga terdapat Gua Pawon yang menyimpan fosil manusia. Pun tersedia beberapa fasilitas, antara lain warung, gazebo, area parkir, serta musala.

Meskipun hanya berisi bebatuan purba, Stone Garden menjadi spot favorit untuk berfoto. Pasalnya, kawasan tersebut dikelilingi perbukitan hijau dan kabut tipis yang muncul saat suhu menurun. Lalu, di manakah alamat Stone Garden?

Stone Garden beralamat di kawasan Bukit Citatah, Padalarang, Bandung Barat. Harga tiket masuk ke objek wisata ini tergolong murah, sekitar Rp6.000 per orang. Jika menggunakan area Stone Garden untuk keperluan prewedding, pengunjung dikenakan tarif Rp300.000.

9. Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang berada di kawasan bukit dengan ketinggian 1.442 mdpl. Udara di sana cenderung dingin dan diselimuti kabut. Namun, tempat tersebut menyuguhkan panorama alam mengagumkan. Saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari ufuk timur. Sementara menjelang petang, sunset menjadi lanskap yang tak kalah cantik.

Fasilitas yang tersedia di Puncak Bintang, meliputi Dermaga Bintang, camping area, toilet, musala, serta jalur hiking. Anda bisa menemukan lokasi Puncak Bintang di kawasan Dago, tepatnya Kecamatan Cimenyan, Bandung. Tiket masuk ke area wisata tersebut sekitar Rp15.000 per orang. Jika ingin berkemah di sana, pengunjung harus menambah biaya kurang lebih Rp20.000.

10. Farm House Susu Lembang

Farm House Lembang; kawasan wisata unik yang menyuguhkan nuansa Eropa. Berlokasi di Jalan Raya Lembang, Gudangkahuripan, tempat ini menawarkan konsep rekreasi terpadu. Mulai dari wisata edukasi, kuliner, pusat belanja, hingga taman khas Eropa. Pun tersedia spot khusus untuk mengambil foto prewedding dan pernikahan.

Menariknya, di Farm House terdapat rumah kecil seperti di film Hobbit, New Zealand. Selain itu, tersedia kostum ala Eropa yang bisa disewa oleh pengunjung. Soal tiket masuk, setiap wisatawan domestik harus membayar Rp20.000. Tiket tersebut dapat ditukar dengan welcome drink.

11. Terminal Wisata Grafika Cikole

Berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 8, Grafika Cikole Lembang menyuguhkan wisata alam dengan konsep pedesaan. Kawasan tersebut membentang di atas lahan 9 hektare. Kontur tempatnya berbukit dan dipenuhi pohon pinus. Di area ini terdapat penginapan yang terbuat dari kayu. Uniknya, bagian eksterior penginapan menyerupai rumah hobbit di New Zealand.

Selain penginapan, Grafika Cikole Lembang menyediakan berbagai wahana menarik. Semisal, wahana outbond, permainan tradisional, camping area, serta rumah pohon. Di samping itu, pun terdapat beberapa fasilitas, meliputi toko suvenir, area parkir, musala, restoran, serta kamar mandi umum. Lalu, berapa harga tiket masuk ke kawasan Grafika Cikole?

Untuk menginap di pondok wisata alam, tarifnya sekitar Rp1.000.000 per malam. Kalau bermalam di area kemah, Anda harus membayar Rp460.000 per tenda. Sementara itu, tiket outbond atau permainan reguler dibanderol sekitar Rp25.000-50.000 per orang.

12. Situ Cileunca Pangalengan

Swissnya Indonesia; itulah julukan untuk Situ Cileunca. Tempat ini merupakan danau buatan dengan luas 1.400 hektare. Dikelilingi perbukitan dan aneka flora, Situ Cileunca menyuguhkan pemandangan yang memesona. Pengunjung diperbolehkan untuk menyusuri perairan menggunakan perahu. Pun bisa merasakan sensasi arung jeram di atas danau.

Selain menawarkan panorama danau, di Situ Cileunca pun terdapat kebun stroberi, penginapan, serta beberapa gazebo. Tempat wisata tersebut berlokasi di Jalan Raya Pengalengan, Kampung Jublegan, Pengalengan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik bus untuk menuju ke sana. Setelah tiba di Situ Cileunca, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk Rp5.000.

13. Floating Market Lembang

Pasar tradisional yang mengapung di atas air; itulah daya tarik utama Floating Market Bandung. Tempat belanja ini menjual aneka makanan khas Jawa Barat, ikan segar, sayur, buah, dan beragam suvenir. Tidak hanya itu, wahana kota mini pun turut melengkapi kawasan tersebut. Di sini, pengunjung bisa melihat replika kota beserta bangunan khasnya.

Wahana lain yang terdapat di Floating Market, yaitu Rainbow Garden, permainan air, taman kelinci, miniatur kereta api, dan becak mini. Sebagai penunjang, pun disediakan fasilitas musala, restoran, dan arena bermain. Berminat ke Floating Market? Anda bisa menuju ke Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang, untuk menemukan lokasinya. Tiket masuk ke zona rekreasi ini hanya Rp20.000 per orang.

14. Observatorium Bosscha

Bosscha merupakan salah satu wisata edukatif di Bandung. Usia observatorium tersebut sudah mencapai satu abad. Meski begitu, bangunannya masih terlihat kokoh. Dari tempat inilah para wisatawan bisa melihat bintang dan planet dengan menggunakan teropong. Ada tujuh jenis teropong yang dapat dipakai, yaitu Refraktor Ganda Zeis, Schmidt Bimasakti, Refraktor Bamberg, Cassegrain Goto, Unitron, teleskop surya, dan radio.

Observatorium Bosscha terletak di kawasan Lembang yang berada di ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Untuk memasuki gedung Bosscha, setiap pengunjung harus membayar Rp15.000. Tarif ini berlaku pada pagi sampai siang hari. Sementara di malam hari, biayanya naik menjadi Rp20.000 per orang.

15. De’Ranch Lembang

wisata deranch lembang

Masih di kawasan Lembang, kali ini menawarkan wisata berkuda ala koboi. Di sini, Anda bisa naik kuda dengan mengenakan perlengkapan khas koboi, seperti pakaian, sepatu, dan topinya. Ada juga wahana memerah susu sapi dan membuat kue yang dapat diikuti oleh pengunjung.

De Ranch beralamat di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon. Perjalanan ke tempat tersebut bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun bus antarkota. Harga tiket masuk ke De Ranch termasuk murah, hanya Rp5.000 per orang.

16. The Lodge Maribaya

Berhawa sejuk, indah, dan instagramable; tiga kata yang mewakili objek wisata The Lodge Bandung. Lebih dari sekadar menyuguhkan panorama pegunungan, The Lodge menawarkan akvitas hidup di alam bebas. Pengunjung bisa menginap di tempat ini dengan menyewa tenda. Banyak wahana di The Logde, semisal Zip Bike, Gantole, Sky Wing, dan Bamboo Sky. Selain itu, juga terdapat restoran tradisional, wedding area, serta kafe.

Supaya menemukan lokasi wisata The Lodge, Anda harus menuju ke Jalan Maribaya, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang. Rutenya satu arah dengan De Ranch Lembang. Sementara itu, harga tiket masuk ke The Lodge sekitar Rp20.000-35.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk untuk wahana dan fasilitas di dalam area.

17. Kampung Gajah Wonderland

Anda mencari destinasi liburan terlengkap di Bandung? Mungkin, Anda perlu mengunjungi Kampong Gajah di Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong. Tempat rekreasi keluarga tersebut memiliki 30 wahana keren, antara lain Mini ATV, Sky Wiew, Delman Royal, Cross Formula Kart, Waterboom, dan Tubby Slide. Khusus balita, bisa bermain di arena Rumah Teletubbies.

Mahalkah tiket masuk ke Kampong Gajah? Harga tiket untuk satu orang pengunjung sekitar Rp15.000-20.000. Namun, Anda belum bisa menikmati semua wahana dengan biaya tersebut. Lain halnya jika membeli tiket terusan senilai Rp150.000; seluruh wahana dapat dicoba sebanyak satu kali putaran.

18. Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park dibangun pada tahun 2010 di Jalan Tangkuban Perahu, Bandung, sebagai wahana outbond terlengkap. Pengunjung akan diajak untuk menjajal beragam permainan yang menantang adrenalin. Misalnya, flying fox, lintasan berayun, dan jaring laba-laba.

Bandung Treetop Adventure Park sudah dilengkapi fasilitas umum, antara lain toilet, musala, dan tempat istirahat. Pun tersedia fasilitas asuransi, akses 8 tingkat sirkuit, instruktur, dan peralatan keselamatan dengan standar Eropa. Untuk menikmati semua aktivitas menguji nyali tersebut, Anda harus membayar Rp125.000-180.000 per orang. Khusus wisatawan asing, tarif tiket masuknya sekitar Rp250.000.

19. Curug Malela Bandung Barat

Kesegaran air terjun yang diselimuti panorama eksotis, bisa Anda lihat di Curug Malela. Tempat wisata alam tersebut berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cidadas, Gununghalu. Daya tarik utama curug ini adalah tujuh air bertingkat dengan ketinggian 60 meter dan lebar 70 meter. Sayangnya, belum ada fasilitas, semisal warung atau akomodasi, di sekitar Curug Malela. Harga tiket masuk ke sana pun sangat murah, hanya Rp10.000 per orang.

20. Dago Dream Park

Dago Dream Park menawarkan berbagai wahana ekstrem yang menguji adrenalin Anda. Pun tersedia pusat perbelanjaan kekinian, hutan pinus, serta zona memanah. Ada pula Pirates Ship; zona permainan untuk anak-anak.

Lokasi Dago Dream Park terletak di Jalan Dago Girl KM 2.2, Lembang. Untuk masuk ke area tersebut, Anda harus membeli tiket senilai Rp20.000. Jika ingin mencoba salah satu wahana, mesti menyiapkan bujet sekitar Rp30.000 per permainan.

21. Amazing Art World

Amazing Art World; museum 3 dimensi yang menawarkan 13 zona, 6 galeri, dan 150 objek foto. Lantai dan dinding di interior gedung ini dilukis dengan tema tertentu. Jadi, pengunjung yang berfoto di tempat tersebut seolah masuk ke dalam lukisan.

Tertantang untuk mengunjungi Amazing Art World? Anda bisa menuju ke Jalan Setiabudi, Kota Bandung. Di kawasan inilah berdiri sebuah bangunan bercorak pelangi dengan tulisan The Biggest 3D Art Museum in the World. Harga tiketnya cukup terjangkau, sekitar Rp80.000-180.000 per orang, sesuai kategori usia.

22. Upside Down World Bandung

Upside Down World atau rumah terbalik memang sedang hits di kalangan anak muda. Pasalnya, tempat wisata ini menampilkan sebuah rumah dengan perabot terbalik. Jadi, pengunjung yang masuk ke ruangan, akan melihat seluruh benda berada di atasnya. Objek tersebut sangat cocok untuk berfoto karena menimbulkan kesan, seolah Anda sedang merayap di langit-langit.

Lokasi Upside Down World berada di Kota Bandung, tepatnya di Jalan H. Wasid nomor 31. Rumah wisata ini dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul sepuluh pagi. Tiket masuknya dibanderol dengan tarif bervariasi. Untuk dewasa, harus membayar Rp100.000, sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp50.000 per orang.

23. Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey

Glamping Lakeside berada di tepi Situ Patenggang yang berpanorama indah. Tempat ini menawarkan resort dengan konsep alam terbuka. Selain resort, ada pula Pinisi Resto. Bentuk bangunannya menyerupai kapal pinisi sungguhan. Area eksotis tersebut tidak hanya menyediakan santapan lezat, tetapi juga spot foto berlatar belakang danau.

Jalan Situ Patenggang, Rancabali; di kawasan inilah Glamping Lakeside berdiri. Agar bisa menikmati fasilitas Glamping Lakeside, setiap pengunjung harus membayar Rp20.000. Kalau ingin masuk ke Pinisi Resto, siapkan bujet Rp10.000 untuk mengisi magnetic card.

24. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills; tempat wisata kekinian yang berpadu dengan nuansa alam. Wahana di kawasan ini cukup lengkap, antara lain kebun bunga, spot foto ala Negeri Belanda, kolam renang, dan taman kelinci. Untuk menunjang kebutuhan akomodasi, Barusen Hills menyewakan beberapa kamar bertema tradisional. Di samping itu, juga tersedia aneka hidangan khas Jawa Barat di restoran area wisata.

Apakah lokasi Barusen Hills mudah dijangkau? Objek rekreasi ini terletak di Gambung, Ciwidey, Pasirjambu. Waktu tempuh dari pusat Kota Bandung hanya satu jam. Artinya, Anda tidak akan kesulitan mengakses kawasan tersebut. Untuk memasuki area Barusen Hills, tarif yang harus dibayarkan sekitar Rp25.000 per orang.

25. Taman Lembah Dewata

Taman surga di atas bumi; julukan yang tepat untuk objek wisata Lembah Dewata. Pasalnya, kawasan ini menyuguhkan panorama danau nan eksotis. Deretan bukit hijau, dermaga kayu, serta air bening pun melengkapi keindahan di sana. Jika ingin menyusuri area danau, Anda bisa menyewa perahu.

Lembah Dewata berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Bandung Barat. Anda hanya perlu mengeluarkan bujet Rp10.000 untuk membeli tiket masuk ke tempat ini. Selain danau, kawasan tersebut juga menawarkan fasilitas berkuda di Ganesha Equestrian yang letaknya berdampingan.

26. Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark

Ciwidey Valley menawarkan konsep resort yang menyatu dengan alam. Selain akomodasi, tempat ini juga menyediakan pemandian air panas dan taman burung. Pun terdapat kebun stroberi dan area kemah yang dilengkapi tenda kekinian.

Lokasi Ciwidey Valley tidak jauh dari kawasan Kawah Putih; berada di Jalan Barutunggul KM 17, Ciwidey. Jika tidak bermalam di tempat tersebut, pengunjung akan dikenakan tarif tiket Rp10.000 per orang. Sebaliknya, kalau Anda menginap di sana, dibebaskan dari biaya tiket. Pengunjung yang ingin menginap di Ciwidey Valley, dibebaskan dari biaya tiket. Namun, harus membayar akomodasi sesuai dengan kriteria masing-masing.

27. Dusun Bambu Lembang

wisata dusun bambu lembang bandung

Dusun Bambu terletak di kaki Gunung Burangrang, Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua. Merupakan objek wisata yang menyuguhkan keindahan danau, sawah, serta hutan pinus. Salah satu fasilitas terunik di tempat ini adalah area kemahnya. Tak seperti camping ground lain, Dusun Bambu menyediakan tenda dengan interior lengkap. Mulai dari tempat tidur, bantal, hingga alas tenda berlapiskan semen.

Tarif tiket masuk ke Dusun Bambu kurang lebih Rp15.000 per orang. Jika membawa kendaraan roda empat, harus menambah Rp10.000 untuk biaya parkir. Sementara itu, kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp5.000 per unit.

28. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo menjadi pusat wisata edukasi dan budaya sejak tahun 1966. Di sini, pengunjung disuguhi pertunjukan musik khas Jawa Barat, kerajinan bambu, serta beragam interior berbahan bambu. Tempat rekreasi unik ini berlokasi di Jalan Padasuka nomor 118, Kota Bandung. Harga tiket masuk ke area Saung Angklung Udjo sekitar Rp60.000-100.000 per orang.

29. Trans Studio Bandung

Trans Studio merupakan destinasi wisata di Bandung yang mengusung konsep modern. Ada tiga pusat rekreasi di Trans Studio, yaitu Studio Central, Lost City, dan Magic Corner. Di tempat ini pun tersedia restoran, kafe, bioskop, serta arena bermain untuk anak-anak.

Trans Studio beralamat di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kota Bandung. Tempat ini dibuka pada pukul 09.00 pagi. Harga tiket masuknya sekitar Rp150.000-Rp250.000 per orang.

30. Sari Ater Hotel & Resort

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Sari Ater menyuguhkan penginapan dengan panorama pegunungan yang menakjubkan. Di Sari Ater terdapat perkebunan teh, wisata Curug Jodo, dan fasilitas outbond. Anda juga bisa menikmati sensasi mandi di area Pemandian Air Panas Ciater. Lokasi kawasan tersebut terletak di Jalan Raya Ciater, Subang, Jawa Barat. Tiket masuk ke Sari Ater dibanderol dengan harga Rp32.000-37.000 per orang.

31. Jalan Braga Bandung

Jalan Braga memadukan konsep wisata belanja sekaligus sejarah. Di kawasan ini terdapat bangunan tua bergaya arsitektur Eropa. Pun terdapat banyak toko fesyen kekinian. Untuk menyusuri area eksotis tersebut, Anda tak perlu membeli tiket. Keunikan Jalan Braga, Kota Bandung, bisa dijelajahi sepuasnya tanpa batas waktu.

32. Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang menghadirkan wisata air terjun yang dikelilingi tebing bebatuan dan perbukitan. Meski letaknya tersembunyi, di sini sudah tersedia fasilitas warung dan toilet umum. Tiket masuknya pun sangat murah, hanya Rp10.000 per orang. Lokasi curug ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Sumedang dan Bandung. Tepatnya di Desa Cindulang, Cimanggung, Sumedang.

33. Taman Bunga Cihideung Lembang

Anda ingin melihat hamparan bunga aneka warna? Taman Bunga Cihideung merupakan destinasi yang tepat. Kawasan ini membentang di atas lahan dengan luas 50 hektare. Lebih dari 200 spesies bunga tumbuh di taman tersebut.

Lokasi Taman Bunga Cihideung ada di Desa Cihideung, Porongpong, Lembang. Untuk memasuki kawasan taman ini, setiap pengunjung tidak perlu membeli tiket. Aneka bunga dan tanaman hias bisa Anda nikmati secara gratis.

Itulah 33 tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan. Semoga dapat dijadikan bahan rujukan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.