Yuk, Jelajahi 10 Wisata Alam Lembang Terbaik Ini

0

Sebagai daerah yang berada di ketinggian 1.312-2.084 mdpl,  Lembang memang dikaruniai kondisi geografis yang dikelilingi perbukitan hijau. Tak heran jika daerah ini kemudian terkenal dengan pemandangan alamnya yang cantik serta udaranya yang sejuk. Berkat posisi ini pula, Lembang menjadi salah satu pusat wisata utama di Kota Bandung, utamanya untuk kategori tempat wisata yang dekat dengan alam

Nah, bagi Anda yang berencana akan berlibur di Kota Bandung, beberapa tempat wisata alam Lembang ini bisa menjadi pilihan.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung unik berbentuk perahu terbalik ini merupakan ikon utama kawasan wisata Lembang yang tak boleh Anda lewatkan. Gunung setinggi 2.084 mdpl ini tidak hanya menyuguhkan panorama alam pegunungan yang eksotis, tetapi juga menghadirkan pesona wisata sejarah ‘Sangkuriang’ yang melegenda.

Tidak hanya itu, gunung yang letaknya sekitar 20 km arah utara Bandung ini juga akan menyuguhkan panorama hutan pinus dan perkebunan teh yang sangat menyejukkan mata. Anda pun bisa mengunjungi kawah-kawah di sekitar gunung, seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Tentunya, masing-masing kawah tersebut menyajikan panorama alam yang unik dan khas.

2. Kawasan Wisata Maribaya

Sekitar 22 km arah utara Kota Bandung, Anda bisa menikmati wisata alam Maribaya dengan sederet pesonanya. Di tempat wisata yang berlokasi di Kampung Cikondang ini, Anda akan disuguhi panorama hutan alam yang sangat asri, serta air terjun (curug) yang menakjubkan. Tersedia pula pemandian air panas dengan kandungan belerang, yang diyakini berkhasiat bagi kesehatan kulit. Tidak hanya itu, terdapat pula area kolam pancing serta jalur trekking bagi Anda yang ingin lebih dekat dengan alam.

3. The Lodge Maribaya (The Lodge Earthbound Adventure Park Cibodas)

The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata unik yang berlokasi di Jl. Maribaya No. 149/252 – Lembang. Tempat wisata ini menghadirkan beberapa wahana wisata menarik, seperti Hot Air Ballon atau balon udara dengan latar pemandangan hutan pinus; Gantole atau paralayang; Sky Bike/Zip Bike (bersepeda di seutas tali dan berada di ketinggian); Sky Wing atau ayunan di atas ketinggian; dan Sky Tree atau rumah pohon berlatar pemandangan alam hijau.

Tidak hanya itu, The Lodge Maribaya juga menyediakan area outbond, playground, dan camping ground. Untuk camping ground ini sendiri terbilang cukup unik, baik dari segi desain maupun penamaan. Area camping didesain dengan fasilitas layaknya hotel bintang 5, dan karenanya disebut dengan Glamour Camping atau Glamping.

4. Kebun Begonia

Tak jauh dari The Lodge Maribaya, terdapat sebuah taman bunga yang juga patut Anda kunjungi. Di kebun bunga yang berlokasi di Jl. Maribaya No 120 ini terdapat beragam jenis bunga yang tertata rapi hingga membentuk kombinasi yang apik dan cantik.

Bunga-bunga tersebut di antaranya bunga Melampodium, Salvia, Geranium, Celosia, dan Balinea. Balinea ini sendiri merupakan bunga jenis Begonia yang berasal dari Bali, dan menjadi primadona di taman bunga ini. Karenanya, nama taman pun diberi nama Kebun Begonia.

Selain ribuan bunga, tempat wisata yang satu ini juga menyediakan area outbond dengan beragam aktivitas menarik. Di antaranya seperti Secret Passage, Puzzle Treasure, Farm Trekking, dan lainnya.

5. Situ Lembang

Bisa dibilang, Situ Lembang merupakan danau terindah yang dimiliki Kota Bandung. Letaknya yang berada di antara Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang menjadikan danau ini dikelilingi panorama alam yang eksotis. Posisinya yang berada di ketinggian 1.567 mdpl juga menyebabkan danau sering diselimuti kabut, yang menambah kesan cantik panorama alamnya. Situ Lembang ini berada di Desa Kertawangi – Lembang.

6. Taman Hutan Jaya Giri

Sebagai hutan yang berada di dekat Gunung Tangkuban Perahu, Taman Hutan Jaya Giri tergolong hutan yang asri dan berhawa sejuk. Karenanya, tak heran jika hutan seluas 7 Ha ini dijadikan sebagai salah satu wisata alam potensial. Terdapat beberapa aktivitas yang kini bisa Anda nikmati di kawasan taman hutan ini, yaitu aktivitas camping/kemah, trekking/hiking hutan, dan lain sebagainya.

7. Gunung Batu

Bisa dibilang, Gunung Batu merupakan tempat wisata alam Lembang yang kurang populer dan sering kali diabaikan. Padahal, gunung yang terbentuk dari hasil sedimentasi lava ini memiliki panorama alam yang tak kalah cantik dan mengagumkan.

Buktinya, ketika Anda berdiri di puncak, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang eksotis hampir di semua arah mata memandang. Menghadap arah utara, Anda akan dimanjakan dengan panorama deretan Gunung Tangkuban Perahu, Burangrang, dan Gunung Putri. Begitu pun ketika menghadap arah timur, akan tampak eksotisme Gunung Bukittunggul dan Gunung Palasari.

Di kejauhan arah selatan, Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Bandung lengkap  dengan siluet Gunung Malabar, Patuha, dan Haruman. Tak ketinggalan, di arah barat, panorama alam Gunung Manglayang dan Pangparang juga akan memanjakan mata Anda.

Anda pun bisa menikmati pesona matahari terbit dan tenggelam dari puncak gunung yang berada di Desa Pagerwangi – Lembang ini. Tidak hanya itu, beragam aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan di tempat ini. Di antaranya seperti hiking, wall climbing (panjat tebing), dan camping.

8. Sindang Reret Lembang

Nyatanya, Sindang Reret yang berlokasi di Jl. Raya Cikole Km 22 ini tidak hanya menawarkan resort dan resto, tetapi juga memiliki pesona wisata alam Lembang yang patut Anda nikmati. Di antaranya seperti menunggang kuda di area pacuan kuda, berkemah di area camping ground, dan bermain di area outbond.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengikuti beragam aktivitas pertanian di area Mini Farm, serta belajar seluk beluk dunia hewan di area Mini Zoo. Untuk anak-anak, disediakan pula beberapa wahana permainan modern yang terangkum dalam Wahana Kid Adventure.

9. Kawasan Wisata Sapu Lidi

Bagi Anda yang mencari suasana romantis berkonsep alam, Sapu Lidi bisa menjadi pilihan. Sapu Lidi ini merupakan kawasan wisata pedestrian yang mengusung konsep ‘lebih dekat dengan alam’. Keberadaan sawah dan danau, serta panorama khas pegunungan adalah daya tarik utama dari tempat wisata yang berlokasi di Komplek Graha Puspa Jl. Sersan Bajuri ini.  Agar lebih romantis, Anda pun bisa mengelilingi danau dengan menaiki perahu yang telah disediakan, bersama pasangan atau orang terkasih.

10. Jendela Alam

Secara garis besar, Jendela Alam merupakan wahana wisata bertema peternakan dan pertanian. Di lahan pertanian yang luas ini Anda bisa bebas melakukan aktivitas bertani, mulai dari cara bercocok tanam sederhana hingga teknik pertanian modern, seperti hidroponik dan aquaponik.

Di area peternakan, Anda pun bisa melakukan beragam aktivitas, seperti  menunggang kuda, memberi makan hewan, memerah susu, dan yang lainnya. Tidak hanya itu, tempat wisata yang beralamat di Jl. Sersan Bajuri KM 4.5 Cihideung Parongpong ini juga menyediakan fasilitas wahana edukasi.

Itulah beberapa destinasi wisata alam Lembang yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Selamat berlibur.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.