11 Pilihan Tujuan Wisata Kekinian untuk Liburan Keluarga di Bandung

0

Dalam beberapa tahun terakhir, geliat pariwisata Bandung menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Cuaca yang relatif lebih sejuk, bentang alam yang lebih variatif, ragam kuliner unik, serta beragam tempat menarik yang hadir membuat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, baik di kalangan turis domestik maupun mancanegara.

Kota terbesar ketiga di Indonesia ini menawarkan banyak atraksi dan tujuan wisata dengan beragam tema, termasuk destinasi-destinasi yang bersifat family-friendly. Hadirnya atraksi-atraksi tersebut tentunya akan memberikan pengalaman liburan keluarga di Bandung yang tak terlupakan.

Artikel ini mengulas 11 tujuan wisata “kekinian” di Kota Kembang yang akan membuat liburan keluarga Anda semakin mengasyikkan. Berikut adalah ulasannya:

1. Farmhouse Bandung

liburan keluarga ke farmhouse lembang
photo by. iklantravel.com

Berlokasi di jalan Raya Lembang nomor 108, Farmhouse merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Bandung. Para pengunjung bisa melihat koleksi hewan seperti kelinci, iguana, kambing, dan beberapa spesies burung. Kawasan ini juga memiliki atraksi rumah Hobbit yang terkenal, terutama di kalangan remaja pengguna Instagram.

Pengunjung bisa membeli oleh-oleh dan menikmati beragam sajian lezat di toko suvenir dan restoran yang berada di bangunan utama bergaya Tudor. Selain itu, tersedia pula penyewaan kostum tradisional Belanda bagi para pengunjung yang ingin berfoto ria di area Farmhouse.

2. Amazing Art World

liburan keluarga ke amazing art world
photo by jetranirezadias.com

Sebagai salah satu “pemain” baru di kota Bandung, Amazing Art World merupakan museum tiga dimensi terbesar di dunia. Berlokasi di jalan Setiabudhi nomor 293-295, kunjungan ke museum ini akan memberikan warna baru dan pengalaman liburan keluarga di Bandung yang tak mengesankan.

Area seluas sekitar 2 hektar ini memiliki 150 photo spot yang terbagi ke dalam 6 galeri dan 13 zona. Para pengunjung bisa berpose mengikuti petunjuk yang ditempatkan di setiap instalasi. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar mengenai sejarah lukisan tiga dimensi melalui video.

3. Floating Market Lembang

wisata keluarga di bandung kekinian
photo by. Angga Darmawan

Floating Market Lembang merupakan area outdoor yang menawarkan pesona danau buatan dan pasar terapung yang menjual beragam jajanan. Objek wisata ini berada di jalan Grand Hotel nomor 33 E, tidak jauh dari kawasan Pasar Lembang.

Beragam atraksi ditawarkan oleh Floating Market, seperti kebun kelinci, miniatur kereta api, wahana perahu dan sepeda air, serta penyewaan hanbok. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan area objek wisata sambil berendam di kolam renang air hangat.

4. Trans Studio Bandung

liburan keluarga ke trans studio bandung
photo by youtube.com

Trans Studio Bandung merupakan taman bermain indoor yang berlokasi di jalan Jenderal Gatot Subroto nomor 289. Objek wisata yang dibuka pada tahun 2011 ini berada di kawasan yang sama dengan Trans Studio Mall.

Destinasi liburan keluarga di Bandung ini memiliki beberapa wahana yang tersebar di tiga zona. Sebagai wahana andalan, Yamaha Racing Coaster akan membawa para pengunjung melesat ke ketinggian 50 meter dalam kecepatan di atas 100 kilometer per jam.

5. Objek Wisata Gunung Tangkuban Parahu

liburan keluarga ke gunung tangkuban perahu
photo by indoplace.com

Sebagai primadona kota Bandung, Gunung Tangkuban Parahu merupakan objek wisata alam yang berada di daerah Cikole, Lembang. Gunung yang identik dengan legenda Sangkuriang ini memiliki ketinggian 2.084 meter. Para pengunjung bisa menikmati pesona Kawah Ratu dan sejuknya udara pegunungan. Selain itu, di kawasan ini pengunjung juga bisa menjelajahi hutan lindung dan membeli lumpur belerang yang bermanfaat bagi kulit.

6. Chinatown Bandung

liburan keluarga ke chinatown
photo by hendralm.com

Diresmikan pada pertengahan tahun 2017, Chinatown merupakan pusat kuliner bernuansa kampung pecinan yang bertempat di jalan Kelenteng nomor 41. Sesuai dengan namanya, desain chinoiserie mendominasi kios-kios dan pendopo yang menjual suvenir serta beragam jajanan pasar yang menggugah selera.

Pernak-pernik antik seperti radio, kaleng susu, hingga kalender yang mempercantik kawasan ini membangun suasana nostalgia bagi para pengunjung. Di akhir pekan, para pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan musik.

7. The Lodge Maribaya

liburan keluarga ke the lodge maribaya
photo by thebanzaieffect.com

The Lodge Maribaya merupakan pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam. Objek wisata ini yang berlokasi di jalan Maribaya nomor 149 ini menawarkan beragam atraksi yang mengasyikkan seperti sky tree, zip bike, dan sky swing. Kawasan ini juga dilengkapi dengan dua restoran yang menampilkan panorama perbukitan dan hutan pinus yang asri, serta tenda-tenda bagi pengunjung yang ingin berkemah.

8. Museum Geologi Bandung

liburan keluarga ke museum geologi
photo by rezkaaida.blogspot.com

Bagi yang ingin menikmati liburan keluarga di Bandung sambil mempelajari tentang bumi, Museum Geologi Bandung dapat menjadi tujuan wisata yang tepat. Berlokasi di jalan Diponegoro nomor 57, museum bergaya art deco ini merupakan salah satu bangunan bersejarah ini menyimpan koleksi materi geologi seperti bebatuan, fosil, dan mineral. Selain itu, museum ini juga menampilkan beragam informasi seperti teknik pengolahan hasil bumi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

9. Glamping Lakeside Bandung

liburan keluarga ke glamping lake side
photo by travelingyuk.com

Berlokasi tak jauh dari kawasan Situ Patengan, Glamping Lakeside Rancabali merupakan objek wisata yang populer, terutama di kalangan instagrammers. Para pengunjung bisa menikmati beragam sajian di Restoran Pinisi, bangunan berbentuk kapal layar yang menjadi landmark utama objek wisata ini. Selain itu, para pengunjung bisa berjalan melewati jembatan gantung dan berfoto ria di atasnya.

Di kawasan ini juga terdapat beberapa tenda eksklusif bagi para pengunjung yang ingin menikmati pengalaman berkemah yang mewah. Akomodasi ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti TV dan kamar mandi dengan air panas.

10. Saung Angklung Udjo

liburan keluarga ke saung angklung udjo
photo by jacktour.com

Saung Angklung Udjo merupakan destinasi wisata budaya yang berada di jalan Padasuka nomor 118, Pasirlayung. Para pengunjung dapat mempelajari kesenian khas Sunda, membeli kerajinan tangan dari bambu, menonton penampilan orkestra angklung dan, bahkan, ikut memainkannya. Saung Angklung Udjo juga menawarkan pelatihan budaya dan workshop instrumen musik dari bambu bagi para pengunjung yang tertarik untuk mempelajari budaya Sunda lebih dalam.

11.  Upside Down World Bandung

liburan keluarga ke upside down
photo by korinatour.co.id

Berlokasi di jalan H. Wasid nomor 31, Lebakgede, Upside Down World merupakan destinasi liburan keluarga di Bandung yang terbilang cukup baru. Di museum ini, para pengunjung bisa merasakan sensasi berada di “dunia terbalik” karena, sesuai dengan namanya, seluruh furnitur dan barang-barang di setiap ruangan dipasang secara terbalik.

Bagi para pengguna Instagram, museum ini dapat menjadi objek atau lokasi foto “kekinian”. Para petugas museum juga akan membantu mengarahkan posisi kamera agar para pengunjung bisa mendapatkan hasil foto yang memukau.

Demikian ulasan mengenai 11 pilihan wisata yang populer di Kota Kembang. Dari mulai wisata alam hingga wisata edukasi, tempat-tempat tersebut tentunya akan memberikan pengalaman liburan keluarga di Bandung yang tak terlupakan. Selamat berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.