12 Tujuan Wisata Belanja di Bandung Bagi Para Shopaholic

0

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Dari kesenian tradisional, bentang alam, petualangan kuliner, hingga kehidupan malam, Bandung memiliki banyak hal menarik yang akan memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan.

Salah satu jenis wisata yang wajib dicoba ketika berlibur di Bandung adalah wisata belanja. Beragam destinasi belanja di Bandung akan menjadi surga bagi para shopaholic, dan berikut adalah ulasan mengenai tujuan wisata belanja di Bandung yang sayang untuk dilewatkan.

1. Sentra Jeans Cihampelas

Kawasan jalan Cihampelas merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Bandung. Deretan toko-toko dengan desain interior dan eksterior yang unik menawarkan beragam pilihan pakaian jeans seperti celana, kemeja, dan jaket. Kawasan ini juga dikenal dengan Teras Cihampelas, skywalk sepanjang 450 meter yang berada tepat di atas jalan Cihampelas. Platform ini dilengkapi dengan kios-kios jajanan dan suvenir, toilet umum, lift, dan musala.

2. Jalan Dalem Kaum

Berlokasi tak jauh dari Alun-Alun Bandung, jalan Dalem Kaum merupakan kawasan belanja yang sering dipadati pengunjung, terutama di akhir pekan. Kawasan pedestrian ini diwarnai oleh deretan toko-toko yang menjual produk-produk medioker hingga merek kelas atas. Di malam hari, warna-warni lampu neon yang meriah dari toko-toko membuat kawasan ini cukup Instagrammable, terutama di kalangan remaja.

3. Sentra Produk Kulit Cibaduyut

Bagi penggemar produk-produk kulit, Sentra Kulit Cibaduyut merupakan destinasi wisata belanja di Bandung yang tidak boleh dilewatkan. Berlokasi di jalan Cibaduyut Raya, kawasan ini ditandai oleh patung sepatu kulit yang akan menyambut para pengunjung. Pusat kerajinan kulit Cibaduyut menawarkan beragam produk, seperti sepatu, jaket, dompet, tas, sabuk, hingga boneka. Produk-produk kerajinan ini memiliki kualitas yang baik dan bahkan berhasil diekspor ke luar negeri.

4. Kawasan Distro Sultan Agung

Kawasan ini merupakan salah satu area favorit kalangan remaja di Bandung. Beragam brand distro (butik indie) yang berderet di jalan Sultan Agung akan memuaskan para wisatawan yang ingin berbelanja pakaian atau sekadar melihat-lihat. Dari mulai blus chic nan trendi, parka dan kemeja flanel khas lumberjack, hingga jaket bergaya post-punk, berbagai produk pakaian bisa Anda dapatkan di kawasan yang aktif mulai pukul 9 hingga 10 malam ini.

5. Pasar Baru Trade Center

Wisata belanja di Bandung terasa belum lengkap tanpa kunjungan ke Pasar Baru. Bertempat di jalan Otista nomor 70 Kebon Jeruk, pusat perbelanjaan setinggi 8 lantai ini menawarkan beragam produk pakaian dan aksesoris yang dijual dengan harga terjangkau, baik secara grosir maupun eceran. Pasar Baru Trade Center juga memiliki satu lantai khusus yang ditargetkan kepada pengunjung remaja, serta dilengkapi dengan food court yang besar dan sarana ibadah.

6. Kawasan Butik Jalan Riau

Sejak dahulu, jalan Riau terkenal di kalangan para wisatawan sebagai destinasi belanja. Deretan factory outlet di sepanjang jalan ini menawarkan beragam produk pakaian dari berbagai merek. Salah satu butik yang paling terkenal, di antaranya, adalah The Summit, The Secret, Terminal Tas, dan Heritage. Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan ini mengalami banyak perubahan serta pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya seperti hotel, restoran, dan kafe.

7. Pasar Cimol Gedebage

Berada di kawasan Pasar Induk Gedebage yang terletak di jalan Soekarno-Hatta, Pasar Cimol Gedebage merupakan surga bagi para penggemar produk secondhand atau sisa ekspor yang stylish. Ada sekitar 400 kios yang kebanyakan menjual pakaian di pasar ini. Meskipun berbentuk pasar, kawasan ini terbilang cukup terkenal, terutama bagi mereka yang senang berburu pakaian murah. Jika beruntung, jaket, mantel, kaus, sepatu, hingga tas merek kelas atas bisa didapatkan dengan harga miring!

8. Paskal 23

Paskal 23 merupakan sebuah mal high-end yang berlokasi di jalan Pasir Kaliki nomor 25-27. Meskipun merupakan “pemain” baru, Paskal 23 merupakan salah satu tujuan wisata belanja di Bandung. Mal tiga lantai ini menawarkan desain interior modern minimalis dengan sentuhan etnik yang menawan. Berbagai brand seperti Uniqlo, Zara, Adidas, dan Hush Puppies hadir di mal seluas 4 hektare ini. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati beragam sajian lezat di Paskal Food Market.

9. Cigondewah Textile Trade Center

Berlokasi di jalan Cigondewah Kidul, kawasan tekstil Cigondewah atau yang dikenal pula sebagai Cigondewah Textile Trade Center merupakan salah satu pusat perdagangan kain terbesar dan terlengkap di kota Bandung. Tempat ini menawarkan beragam jenis kain seperti sifon, satin, songket, jersey, dan rayon dengan kualitas yang terjamin dan harga yang bersaing. Selain itu, kawasan ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti ATM, musala, dan tempat makan.

10. Pasar Antik Cikapundung

Bagi para penggemar barang-barang vintage, Pasar Antik Cikapundung merupakan tujuan wisata belanja yang layak dikunjungi. Pasar ini berada di jalan ABC dan menempati gedung Cikapundung Electronic Center. Ketika memasuki kawasan pasar, nuansa retro yang kental akan menyambut para pengunjung. Barang-barang bersejarah dan bernilai seni seperti gramofon, piringan hitam, jam bandul, televisi, barang pecah belah, hingga furnitur antik tersedia di pasar ini.

11. Sentra Rajut Binong Jati

Bertempat di jalan Binong Jati nomor 17, kawasan ini merupakan surga bagi para pencinta produk rajut. Sesuai dengan namanya, sentra rajut Binong Jati menawarkan beragam produk pakaian rajut seperti sweter, syal, dan kardigan dengan harga yang relatif terjangkau. Para pengunjung bisa membeli produk-produk yang ada, baik secara eceran maupun grosir, serta melihat proses pembuatannya secara langsung.

12. Pusat Buku Palasari

Meskipun tidak sepopuler destinasi belanja yang lain di Bandung, Pusat Buku Palasari sebenarnya merupakan salah satu tempat yang terkenal, terutama di kalangan mahasiswa dan pencinta buku. Berlokasi di jalan Palasari, Lodaya, kawasan ini sering didatangi oleh para pengunjung yang ingin berburu bacaan berkualitas. Ratusan kios yang menempati kompleks ini menjual beragam buku, baik baru maupun bekas, dari berbagai tema dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Pilihan destinasi wisata belanja di Bandung tentunya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Dari mulai pakaian, pernak-pernik, buku, hingga barang vintage, para penggila belanja dari berbagai kalangan akan dimanjakan dengan beragam pilihan produk yang dijual. Bagi Anda yang berencana untuk berlibur di Bandung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pilihan tujuan wisata belanja di atas. Selamat berbelanja!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.