Taman Lembah Dewata, Destinasi Wisata Kekinian dengan Panorama Menawan dan Instagramable

0

Bandung memang kaya akan wisata alam. Salah satu yang memiliki panorama cantik di Kota Kembang ini adalah Taman Lembah Dewata.

Taman Lembah Dewata sebenarnya merupakan danau tadah hujan. Namun, panoramanya yang cantik membuat danau ini justru lebih dikenal sebagai destinasi wisata alam favorit di daerah Bandung.  Apa saja yang menjadi daya tarik tempat ini hingga membuatnya terkenal?

Spot Menarik di Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata memiliki banyak spot menarik yang sangat instagramable,  berikut diantaranya:

  • Danau Cantik

Saat memasuki kawasan Taman Lembah Dewata,  Anda akan dihadapkan pada danau yang cantik dengan panorama sekitar yang menawan. Danau ini dikelilingi perbukitan hijau dan asri yang menambah kesejukan mata saat memandangnya. Di danau ini, Anda dapat mencoba menaiki perahu dan menikmati pemandangan di sekeliling danau. Bersampan di danau ini tak kalah serunya dengan mendayung di Situ Patenggang atau Situ Cileunca.

  • Pemandangan Bukit

Dari danau,  Anda dapat melepaskan pandangan ke arah bukit yang menjulang di sekelilingnya. Bukit ini ditumbuhi pepohonan hijau yang membuat hawa di sekitar danau ini terasa semakin segar.

  • Dermaga Kayu

Pada salah satu bagian sisi danau terdapat dermaga kayu yang menjadi spot favorit  untuk berfoto. Dari tempat ini, latar belakang danau dan perbukitan dapat menjadi pemandangan yang menarik untuk diabadikan dalam potret Anda. Spot dermaga ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding karena panoramanya yang sangat romantis dan menyejukkan.

Selain berfoto di atas dermaga, Anda juga bisa lho berfoto di atas perahu. Untuk menikmati fasilitas ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp30.000 per orang. Cukup mahal ya, tetapi dibanding dengan pemandangan elok yang didapat, rasanya harga tersebut tak seberapa.

  1. Wisata Berkuda

Di Taman Lembah Dewata ini juga tersedia paket wisata berkuda yang disebut Paket Pony Riding. Paket ini tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu Paket Rute Pendek, Paket Rute Keliling Danau, dan Paket Danau dan Bukit.

Jika memilih Paket Rute Pendek, Anda dapat berkuda sejauh 487 meter atau sekitar 10 menit, dengan harga Rp30.000 per orang. Adapun Paket Rute Keliling Danau memberikan Anda kesempatan untuk berkuda lebih lama, sekitar 15 menit dengan mengelilingi danau. Jadi, sembari berkuda Anda dapat menikmati panorama alam sekitar dan menikmati hawa sejuknya.

Paket berkuda yang ketiga adalah Paket Danau dan Bukit. Jika memilih paket ini, Anda dapat berkuda mengelilingi danau dan bukit dengan akumulasi rute sejauh 1.019 meter. Durasi yang dibutuhkan untuk berkuda dengan paket ini sekitar 25 menit.

Kuda yang akan Anda tunggangi juga bukan kuda sembarangan. Untuk Paket Pony Riding kuda yang digunakan merupakan kuda impor dengan tinggi sekitar 170 cm, dengan tubuh yang bagus dan kekar.

Fasilitas Pendukung

Demi meningkatkan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Taman Lembah Dewata, pihak pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung, antara lain kedai, tempat parkir, toilet, dan musala.

Lokasi

Taman Lembah Dewata ini berada di Kawasan Cibogo, Lembang, tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu km 3,7.

Tiket

Tarif tiket masuk ke kawasan wisata ini sebesar Rp10.000 saja per orang. Cukup murah, kan?.

Jam Operasional

Kawasan ini dibuka untuk umum pada hari Senin hingga Minggu pada pukul 08.00 hingga 17.00.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan kawasan wisata ini jelas terlihat dari pemandangan alamnya yang cantik. Secara umum kawasan ini juga cukup terawat, jadi cukup memuaskan untuk dijadikan salah satu destinasi wisata hemat selama di berlibur ke Bandung.

Tips Wisata

Agar liburan Anda ke Taman Lembah Dewata ini lebih berkesan, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Ajak Teman atau Keluarga

Lembah Taman Dewata sebenarnya bisa dinikmati sendiri maupun bersama sahabat atau orang terkasih.  Namun, pemandangan yang cantik dan instagramable di kawasan ini rasanya sangat sayang untuk dinikmati sendirian. Dengan mengajak teman,  keluarga atau sahabat,  Anda juga dimudahkan ketika hendak mengambil foto kan?.

  • Bawa Kamera yang Bagus

Panorama alam yang indah dan memesona rasanya sangat sayang jika tidak diabadikan dengan kamera yang bagus. Kamera yang bagus dan beresolusi tinggi dapat memberikan hasil jepretan yang lebih bagus sehingga momen Anda di kawasan ini dapat terabadikan dengan lebih baik.

Selain kamera yang berkualitas bagus,  jangan lupa membawa perlengkapan tambahannya. Anda dapat membawa tripod atau tongsis untuk memudahkan mengambil foto tanpa merepotkan pihak lain.

Jika malas menggunakan kamera yang besar semacam DSLR,  Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan kamera ponsel yang dikombinasi dengan kamera wide range sehingga jangkauan kamera ponsel menjadi lebih lebar.  Meskipun tidak merubah kualitas,  setidaknya dengan jangkauan kamera yang lebih luas maka panorama yang bisa Anda abadikan juga tampak lebih luas dan bagus.

  • Pakai Alas Kaki yang Nyaman

Jika Anda ingin leluasa menjelajah kawasan ini,  apalagi mencoba berkuda maka sebaiknya Anda mengenakan alas kaki yang nyaman. Anda dapat mengenakan sepatu sporty atau sandal berbahan karet yang nyaman digunakan untuk jalan kaki dalam jangka waktu cukup lama.

  • Pakai Pakaian Casual yang Nyaman

Berwisata ke tempat ini juga lebih cocok jika menggunakan pakaian yang casual.  Selain lebih nyaman,  pakaian casual juga lebih pas jika Anda ingin mencoba wisata berkuda. Berbeda lagi jika Anda memang ingin melakukan foto prewedding di tempat ini,  maka pakaian yang Anda pilih tentulah yang lebih sesuai dengan tujuan Anda

  • Berkunjung saat Suasana agak Lengang

Agar Anda dapat berfoto di spot-spot menarik tanpa harus mengantre lama maka sebaiknya Anda datang ke kawasan ini pada saat yang agak lengang.  Waktu yang cukup lengang di sini yaitu pada pagi hari dan pada weekdays.

  • Bawa Payung

Karena curah hujan di Bandung cukup tinggi dan hujan bisa turun tiba-tiba maka sebaiknya Anda membawa payung saat berkunjung ke Taman Lembah Dewata ini.  Tentu sangat menyebalkan kan jika Anda baru saja datang menikmati pemandangan indah lalu hujan turun begitu saja?.

Demikian ulasan singkat dan tips wisata ke Taman Lembah Dewata Bandung.  Sempatkan untuk berkunjung ke sana, ya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.