Berwisata di Situ Cileunca Pengalengan Bandung

0

Bandung memang kaya akan destinasi wisatanya. Berkunjung ke Kota Lautan Api ini berkali-kali tetap tak pernah membuat bosan. Eksotisme wisata alamnya tak tergantikan, wisata budayanya begitu banyak tersebar. Wisata kulinernya? Jangan tanya lagi, berlimpah! Kali ini, Anda akan dibawa menjelajah salah satu destinasi wisata alam Bandung yang keindahannya begitu memukau, Situ Cileunca Pengalengan.

Seputar Situ Cileunca Pengalengan

Situ Cileunca adalah sebuah danau dengan luas 1.400 hektare. Namun, pepohonan hijau dan perbukitan yang mengelilinginya membuat tempat ini begitu memesona dan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Air danau yang jernih sedalam 17 meter dengan warna hijau kebiruan begitu memikat siapa saja yang melihatnya.

Dahulu, sebelum menjadi destinasi wisata, Situ Cileunca Pengalengan hanyalah kawasan hutan belantara. Pada tahun 1918, oleh seorang berkebangsaan Belanda, area ini kemudian digali dan dibuatlah sebuah situ. Tujuan awal pembuatan situ ini adalah sebagai sumber air warga setempat. Namun, karena keindahannya, tempat ini kemudian sering dikunjungi banyak orang dan akhirnya menjadi destinasi wisata. Hingga kini, tempat tersebut juga menjadi sumber untuk PLTA.

Wahana dan Fasilitas

Tak hanya danau, ada banyak fasilitas umum lain yang bisa Anda nikmati di area Situ Cileunca. Bersantai dan berfoto menjadi dua aktivitas favorit para pengunjung di tempat ini. Beberapa wahana dan fasilitas yang ada di antaranya:

  • Wana Wisata Air

Berkunjung kapan saja ke Situ Cileunca tak menjadi masalah, karena baik pagi, siang, maupun sore hari, keeksotisan tempat ini tak pernah berkurang. Jernihnya air danau dan eloknya pemandangan menjadi keindahan utama yang tak boleh Anda lewatkan.

Menyaksikan eloknya danau dari tepian memang menyenangkan, tetapi akan lebih seru jika Anda menyusuri setiap titiknya dan merasakan cantiknya secara menyeluruh. Anda bisa menyewa perahu yang dioperasikan oleh warga setempat. Udaranya begitu sejuk dan dingin, suasananya pun amat tenang, cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dan melepas penat dari kesibukan pekerjaan.

  • Camping Ground

Fasilitas kedua yang tersedia adalah lahan perkemahan atau camping ground. Jadi, Anda yang ingin menikmati keindahan situ dan pemandangan alamnya di malam hari, bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan mendirikan tenda-tenda. Fasilitas penunjang perkemahan di tempat ini pun lengkap.

Area camping ground di Situ Cileunca merupakan yang kedua di kawasan Bandung Selatan selain Ranca Upas. Jika di Ranca Upas Anda akan disuguhi dengan pepohonan yang rimbun di kawasan hutan konservasi, di Situ Cileunca, Anda akan mendapatkan pengalaman berkemah tak terlupakan di tepian danau.

  • Perkebunan Stroberi dan Arbei

Keberadaan perkebunan stroberi dan arbei di kawasan Situ Cileunca Pengalengan pasti sedikit asing terdengar di telinga. Namun, ternyata memang dua kebun buah ini bisa Anda jumpai di area danau. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat buah-buahan seperti stroberi dan arbei dapat tumbuh dengan subur.

Menariknya, Anda tak akan mendapatkan buah-buahan tadi dalam bentuk kantong atau sudah terbungkus, tetapi memetiknya langsung dari pohonnya! Pasti seru ya. Untuk mencapai lokasi perkebunan buah stroberi dan arbei, Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberang, karena lokasi kebun buah ini berada tepat di seberang situ.

  • Gravity Adventure

Wahana selanjutnya yang bisa Anda nikmati adalah Gravity Adventure. Fasilitas ini berupa wahana-wahana rafting dan outbond yang dijamin akan memacu adrenalin Anda. Tak perlu khawatir, tenaga profesional dan berpengalaman akan selalu mendampingi Anda selama menggunakan fasilitas ini.

Kegiatan rafting di wilayah danau memanfaatkan aliran air dari Waduk Cileunca. Aliran airnya begitu deras dan amat menantang untuk ditaklukkan. Liburan Anda ke destinasi wisata di Bandung bagian selatan ini tak akan lengkap jika tak menjajal wahana satu ini.

  • Memancing

Danau memang begitu identik dengan aktivitas memancing. Tak terkecuali dengan Situ Cileunca. Cukup dengan menyewa perahu, Anda bisa mendayung hingga ke tengah situ, melemparkan kait pancing, dan menunggu ikan-ikan menyambarnya.

  • Wisata Kuliner

Karena merupakan destinasi wisata alam yang didominasi oleh air, jenis kuliner yang bisa Anda nikmati pun tak akan jauh dari menu-menu ikan, seperti ikan bakar atau ikan goreng. Namun, kelezatan kuliner di destinasi ini tak boleh dianggap remeh. Dijamin, Anda akan ketagihan saat mencobanya.

Meskipun demikian, tak sedikit wisatawan lokal yang datang bersama keluarga atau sanak saudara dengan membawa perbekalan sendiri. Tak heran, wilayahnya yang luas dan sejuk sangat tepat untuk menggelar tikar dan menikmati bekal makanan.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahannya, Anda cukup membayar Rp3.000,00 saja per orang. Biaya parkir kendaraan roda empat adalah Rp3.000,00 dan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp2.000,00.

Harga Wahana dan Fasilitas

Biaya yang murah tak hanya terbatas pada tiket masuknya, tetapi juga pada berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya. Berikut rincian biaya untuk setiap wahana:

  • Harga sewa perahu: Rp10.000,00 per orang.
  • Harga sewa perahu untuk memancing: Rp100.000,000 per hari.
  • Harga masuk wahana arung jeram (rafting): Rp150.000,00 per orang.
  • Harga tiket masuk kebun stroberi dan arbei: Rp5.000,00 per orang.
  • Harga 1 kilogram arbei: Rp15.000,00–Rp25.000,00.
  • Harga 1 kilogram stroberi: Rp25.000,00–Rp30.000,00.

Lokasi

Destinasi wisata Situ Cileunca Pengalengan beralamat di Desa Wanasari, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat.

Jam Operasional

Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB khusus untuk area wahana. Untuk wahana camping ground dibuka setiap hari selama 24 jam.

Rute

Anda berencana berlibur ke Situ Cileunca Pengalengan dalam waktu dekat? Jika Anda berasal dari luar wilayah Bandung, Anda bisa menggunakan bus kota jurusan Bandung menuju Pengalengan, dengan waktu tempuh kira-kira 2–2,5 jam. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan mobil pribadi untuk menuju destinasi wisata ini.

Dari Bandung, arahkan kendaraan Anda menuju ke Katapang, lalu Banjaran. Dari Banjaran, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer untuk sampai ke wilayah Pengalengan. Saat menemukan pertigaan di Pengalengan, arahkan kemudi menuju Garut, tepatnya Cisewu. Sejauh 5 kilometer dari belokan, Anda akan sampai di Danau Cileunca.

Tips Berkunjung

  • Situ Cileunca Pengalengan adalah destinasi wisata terbuka, jadi hindari berkunjung atau berkemah saat musim hujan.
  • Pagi hari adalah waktu berkunjung terbaik ke destinasi ini.
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Sebaiknya bawa jaket berhubung cuacanya yang cukup dingin.
  • Pada akhir pekan dan musim liburan, lokasi akan begitu padat dan ramai oleh pengunjung. Bagi Anda yang menginginkan suasana tenang yang sempurna, hari biasa menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Penasaran dengan pesona alam Situ Cileunca Pengalengan yang indah dan memesona? Yuk, segera agendakan liburan Anda ke destinasi wisata alam di Bandung Selatan ini!

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.