Berwisata Asyik di De Ranch Lembang

0

Kawasan wisata Lembang memang selalu mampu menyuguhkan hal-hal baru dan unik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah De Ranch Lembang, sebuah kawasan wisata yang mengusung konsep ala koboi Amerika. Di sini, para wisatawan akan berkesempatan untuk menunggang kuda menjelajahi area seluas 5 ha, lengkap dengan atribut koboinya yang khas.

Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan pun menyuguhkan panorama alam yang cantik serta udara yang sejuk. Sebuah suasana yang dijamin akan memanjakan waktu bersantai Anda.

Nah, bagi Anda yang tengah berencana untuk liburan, yuk simak info menarik terkait De Ranch berikut ini.

Sekilas Tentang De Ranch Lembang

Sebelum menjadi tempat wisata, kawasan ini merupakan area pemeliharaan kuda tunggangan serta area peternakan sapi perah. Karena kontur alamnya yang mendukung, pihak pengelola berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi tempat wisata.

Setelah melewati beberapa pertimbangan dan tanpa menghilangkan unsur asli peternakan, lahirlah sebuah konsep wisata kuda ala koboi yang diberi nama De Ranch. Tercatat, objek wisata unik ini pertama kali dibuka untuk umum pada bulan Desember tahun 2007.

Kini, telah terdapat kurang lebih 20 ekor kuda terbaik yang akan menjadi tunggangan Anda selama berada di area wisata ini. Bagi Anda yang belum bisa berkuda pun, tak perlu khawatir karena telah disediakan pemandu yang akan mengontrol operasional wisata kuda.

Daya Tarik Wisata De Ranch Lembang

Selain mengusung konsep wisata kuda ala koboi, kawasan wisata ini juga mengangkat tema “Food, Leisure and Knowledge“. Karenanya, tak heran jika terdapat beragam wahana wisata lain yang juga tak kalah menyenangkan. Apa saja, berikut beberapa daya tarik utama kawasan wisata De Ranch.

  • Menunggang Kuda Ala Koboi & Suku Indian

Sesuai konsep yang diusung, daya tarik utama tempat wisata ini adalah petualangan berkuda ala koboi. Anda bisa menikmati serunya menjelajahi setiap sudut kawasan peternakan dengan menaiki seekor kuda. Petualangan ini akan semakin berkesan dengan adanya atribut ala koboi, seperti topi, baju, dan sepatu yang bisa Anda kenakan.

Bahkan, yang terbaru Anda juga bisa mengenakan kostum layaknya suku Indian Amerika.

  • Wahana Permainan De Ranch

Selain berwisata kuda ala koboi, Anda juga bisa menikmati beragam aktivitas permainan menarik yang sayang jika dilewatkan. Apalagi, permainan di sini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa, melainkan tersedia untuk semua kalangan usia. Mulai dari balita, anak-anak, hingga orang dewasa.

Permainan seru yang bisa dinikmati di antaranya seperti, trekking dengan sepeda, bermain trampolin, naik delman, serta aktivitas memanah layaknya game Archery War. Untuk anak-anak, tersedia permainan Tricker, Flying Fox, berburu emas (The Gold Hunter), Pony Kidz, Kidtrik, Kuda Ayun dan Peti Luncur. Tak hanya itu, disediakan pula wahana wisata air berupa kolam pancing, Fun Boat, Balon Air, Mancing balita, dan Kolam Indian Totem Web.

Wah, beragam dan sangat menarik, bukan?

  • Wahana Wisata Edukasi De’ Ranch

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tema yang diusung De Ranch juga berkenaan dengan ‘Knowledge’ atau pengetahuan. Karenanya, terdapat beberapa aktivitas wisata edukasi yang sangat recommended untuk diikuti. Di antaranya seperti:

  • De’Ranch Saddle Club. Sebuah program kegiatan yang akan mengajarkan Anda tentang cara merawat kuda dan menunggang kuda. Tak berhenti di situ, kemampuan ini pun akan diuji dengan mewajibkan para peserta menunggang kuda di area pacuan kuda De Ranch.
  • Kursus Keterampilan Khusus Kusir Kereta Kuda atau yang biasa disingkat dengan K6. Sebuah program latihan yang ditujukan bagi seorang kusir. Anda yang tertarik untuk mengetahuinya juga diperbolehkan untuk mengikutinya, kok.
  • Cook N’ Cookies. Sebuah program pelatihan yang ditujukan bagi Anda yang gemar atau hobi memasak. Ya, program ini akan mengasah keterampilan memasak kue, khususnya kue khas De Ranch.

Fasilitas yang Ada di De Ranch Lembang

Untuk mendukung kenyamanan para pengunjung, pihak manajemen De Ranch juga senantiasa mengoptimalkan ketersediaan fasilitas. Berikut beberapa fasilitas yang ada di kawasan wisata ini.

  • Tempat ibadah/musala. Bagi Anda yang beragama Islam, kini tak perlu bingung untuk mencari tempat peribadatan. Karena De Ranch telah menyediakan sebuah musala yang bersih dan nyaman.
  • Toilet/WC. De Ranch juga menyediakan beberapa toilet—untuk laki-laki maupun perempuan—dalam kondisi bersih dan terawat.
  • Tempat parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung beragam jenis kendaraan. Mulai dari roda dua, mobil, minibus, hingga bus.
  • Tempat wisata kuliner. Tersedia beragam stand kuliner khas Bandung, seperti batagor, siomay, sosis bakar, dan lainnya.
  • Toko oleh-oleh. Terdapat beberapa factory outlet dan pusat suvenir yang bisa dikunjungi untuk membeli oleh-oleh khas De Ranch.
  • Jalur khusus untuk kursi roda beserta kursi roda gratis.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk bisa masuk kawasan wisata ini terbilang sangat murah, yakni hanya sebesar Rp5.000. Dengan harga tiket ini Anda juga berhak mendapatkan satu cup susu murni dengan beragam varian rasa (vanila, cokelat, moka, dan lainnya). Namun tentunya, tiket masuk ini tidak berlaku untuk tiket permainan. Dalam artian, setiap wahana permainan akan dikenakan harga tiket lain yang berkisar antara Rp20.000 hingga Rp200.000 untuk aktivitas riding out (menunggang kuda ke luar area De Ranch). 

Paket Khusus De Ranch

Selain untuk wisata dengan tiket perseorangan, De Ranch juga menyediakan paket khusus berupa paket rombongan. Fasilitas paket rombongan ini ditujukan bagi mereka yang mengadakan kegiatan atau menyewa tempat di area ini. Misalnya, untuk acara pertemuan, ulang tahun, pemotretan, hingga acara gathering atau yang sejenisnya. Selain acara/kegiatan tersebut, tersedia pula paket khusus untuk rombongan yang akan mengikuti kegiatan Trail Riding dan Weekend Farmstay.

Untuk info lebih lanjut terkait paket khusus ini, silakan menghubungi pusat informasi De Ranch di nomor (022)278-5865, fax (022)278-5842. Atau bisa juga melalui akun twitter De’ Ranch @deranchlembang.

Jam Operasional

Waktu operasional De Ranch dibuka mulai hari Selasa-Minggu. Dengan rincian, Selasa -Jumat (weekday) mulai pukul 09.00—17.00 WIB. Pada hari Sabtu-Minggu (weekend) mulai pukul 08.00—18.00 WIB. 

Alamat dan Rute Perjalanan

Pada dasarnya, tempat wisata ini terletak tak jauh dari kawasan wisata Maribaya Lembang. Tepatnya berada di Jl. Maribaya No 17, Lembang – Bandung Barat. Untuk menuju lokasi ini juga sangat mudah, dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Anda hanya perlu mengakses jalan ke arah Lembang, ketika tiba di pasar Lembang, ambil arah Jl. Maribaya. Tak berselang lama, Anda pun akan tiba di lokasi wisata De Ranch Lembang, Bandung.

Yuk, segera berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.