Panduan dan Tips Lengkap Liburan ke Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

0

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey dikenal sebagai tempat liburan yang populer. Setiap akhir pekan atau hari libur, tempat ini selalu ramai pengunjung. Apalagi, suasana di Kawah Putih tidak ubahnya seperti berada di negeri atas awan. Di sini, wisatawan bisa melihat suasana serba putih.

Suasana serba putih di Kawah Putih membuatnya sebagai destinasi wisata yang romantis. Tempat ini kerap jadi lokasi pengambilan gambar sinetron dan film. Tidak hanya itu, Kawah Putih juga menjadi pilihan menarik bagi para calon pengantin yang tengah mengadakan foto pre-wedding.

Asal Usul Kawah Putih

Kawah Putih terbentuk berkat letusan Gunung Patuha yang terjadi pada abad ke 10. Meski sudah ada sejak lama, tak ada orang yang berani datang ke sini. Alasannya, karena masyarakat sekitar menganggap tempat ini sebagai lokasi yang angker. Apalagi, setelah mereka melihat banyak burung yang mati setelah melintasi tempat ini.

Selanjutnya, pada tahun 1837, seorang ilmuwan bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melakukan perjalanan naik ke puncak Gunung Patuha. Perjalanan itu dilakukannya untuk alasan ilmu pengetahuan. Tak disangka, di tengah perjalanan dia melihat keberadaan danau eksotis dengan bau belerang yang menyengat.

Sejak itu, keberadaan Kawah Putih Ciwidey mulai dikenal luas. Masyarakat pun jadi tahu alasan kematian burung-burung di sini, tak lain adalah karena kandungan belerang. Pada zaman penjajahan Belanda, dibangunlah pabrik belerang yang bernama Zwavel Ontgining-Kawah Putih. Selanjutnya, di era penduduan Jepang, pabrik itu berganti nama jadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya.

Meski keberadaannya sudah diketahui sangat lama, masyarakat Indonesia baru menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata pada tahun 1987. Saat itu, Pemerintah Orde Baru melalui PT Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat dan Banten menjadikan Kawah Putih sebagai lokasi wisata.

Daya Tarik Utama Kawah Putih Ciwidey

Saat berada di tempat ini, para pengunjung bisa melihat keberadaan danau dengan pemandangan yang eksotis. Danau di wisata Kawah Putih Ciwidey memiliki air yang bisa berubah warna. Hal ini bisa terjadi karena konsentrasi belerang yang ada di dalamnya.

Tak hanya itu, eksotisme danau juga dipercantik dengan keberadaan tanah berwarna putih. Tidak heran kalau banyak yang menyebut tempat ini sebagai negeri atas awan karena pemandangan serba putihnya.

Para pengunjung yang datang ke sini kerap menghabiskan waktunya untuk berfoto dengan latar belakang danau. Berkat pemandangannya yang indah tersebut, memperoleh foto instagramable tidaklah sulit. Apalagi, kalau datang ke sini bersama dengan pasangan, bakal terasa lebih romantis.

Tips Berkunjung ke Kawah Putih

Saat berlibur ke tempat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para wisatawan, yakni:

  • Persiapkan untuk membawa masker. Apalagi, bau belerang di tempat ini sangat menyengat.
  • Hindari kontak langsung dengan air yang ada di danau. Air yang terlihat cantik tersebut memiliki kandungan asam tinggi yang akan berbahaya kalau terkena kulit secara langsung.
  • Usahakan untuk berangkat ke tempat ini pada pagi hari. Apalagi, perjalanan dari pusat Kota Bandung menuju ke sini cukup jauh, butuh perjalanan sekitar 3 jam. Ditambah lagi, saat siang, suasana di sini akan terasa sangat panas dan tidak nyaman.
  • Pastikan untuk selalu menaati aturan yang ada di sini. Apalagi, aturan tersebut berkenaan dengan keamanan para pengunjung, misalnya larangan berenang ataupun akses tertutup ke bekas pabrik belerang.

Cara Menuju Lokasi Kawah Putih

Tempat wisata populer di Jawa Barat ini berlokasi di wilayah Bandung Selatan. Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Bandung, sekitar 50 km. Kalau ke sini menggunakan kendaraan pribadi, bisa berangkat dari Bandung menuju ke arah Soreang dan dilanjutkan ke arah Ciwidey. Sesampainya di Ciwidey, perjalanan bisa diteruskan ke arah Ciwidey Selatan dan menuju ke arah Situ Patenggang. Secara total, perjalanan naik kendaraan ke tempat ini butuh waktu sekitar 3 jam.

Sementara itu, bagi wisatawan yang naik kendaraan umum, bisa pergi menuju ke Terminal Leuwipanjang. Di sini, terdapat angkutan umum dengan rute Leuwipanjang-Terminal Ciwidey. Turun di terminal, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik angkutan umum rute Terminal Ciwidey-Situ Patenggang.

Biaya Tiket Masuk dan Jam Buka Kawah Putih

Karena tempat ini berada di kawasan milik Perhutani, para wisatawan yang berkunjung dikenakan tiket masuk, dengan rincian sebagai berikut:

  • Wisatawan lokal       : Rp17.000
  • Wisatawan asing : Rp50.000
  • Shuttle car : Rp13.000
  • Foto pre-wedding : Rp500.000

Sebagai catatan, di tempat ini terdapat 2 area parkir, yakni Blok A dan Blok B. Blok A berjarak cukup jauh dari area wisata Kawah Putih Ciwidey, ditujukan untuk wisatawan yang datang dengan sepeda motor atau bus. Dari area parkir Blok A, perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan khusus bernama ontang-anting.

Sementara itu, Blok B bisa menjadi pilihan untuk lokasi parkir wisatawan yang datang dengan mobil. Lokasi parkir ini relatif lebih dekat dengan Kawah Putih. Hanya saja, biaya parkir di Blok B jauh lebih mahal dibandingkan di Blok A. Untuk setiap kendaraan, dikenakan biaya sebesar Rp150.000.

Fasilitas di Kawah Putih

Sebagai tempat wisata yang populer dan selalu ramai dikunjungi para pelancong, wisata Kawah Putih Ciwidey memiliki fasilitas pendukung lengkap. Dari area parkir menuju ke Kawah Putih, tersedia jalur pejalan kaki yang sudah tertata dengan baik. Suasananya pun terlihat alami, dengan pepohonan hijau di sekitar.

Selain itu, PT Perhutani juga telah menyediakan fasilitas pendukunglain berupa kafe, warung ataupun restoran yang bisa dijumpai di area parkir Blok B. Tidak ketinggalan, terdapat fasilitas berupa tempat salat dan toilet umum yang bisa dimanfaatkan secara bebas.

Hotel di Dekat Kawah Putih Ciwidey

Untuk pilihan tempat bermalam, wisatawan juga tidak perlu khawatir. Ada banyak pilihan tempat menginap yang bisa ditemukan tak jauh dari lokasi Kawah Putih. Tersedia opsi hotel murah yang cocok untuk wisatawan yang berlibur bersama keluarga ataupun hotel bagi para backpacker.

Demikianlah tips lengkap yang bisa diketahui saat berlibur ke Wisata Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Semoga bermanfaat, ya….

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.