Tips dan Panduang Lengkap Liburan ke Wisata Curug Maribaya Bandung

0

Bandung memang terkenal dengan pariwisata alamnya. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di kota ini. Wisata Curug Maribaya menjadi satu dari sekian banyak tempat yang kerap dikunjungi para pelancong. Apalagi, air terjun ini menawarkan suasana yang masih sangat alami dan mudah dijangkau.

Curug Maribaya ini terdiri dari 3 curug yang lokasinya saling berdekatan, yakni Curug Cigulung, Cikoleang, serta Cikawari. Selain itu, ada pula curug lain yang lokasinya berada tidak jauh dari Maribaya, yakni Curug Omas  dengan ukuran yang lebih besar. Hanya saja, curug ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya H. Djuanda.

Tidak hanya itu, pengelolaan Wisata Curug Maribaya kini juga telah diperbaiki. Kawasan wisata ini telah menjadi bagian dari Maribaya Resort Lembang. Keberadaan manajemen yang lebih baik, membuat tempat ini lebih tertata. Tidak hanya mengandalkan keindahan alam, tapi juga terdapat fasilitas pendukung wisata lainnya.

Legenda Curug Maribaya

Curug Maribaya juga menyimpan cerita legenda yang menarik. Konon, air terjun ini bermula dari keberadaan seorang wanita bernama Maribaya yang punya penampilan cantik jelita. Banyak laki-laki yang jatuh hati kepada wanita tersebut. Hingga akhirnya, para lelaki yang tertarik itu bertengkar satu sama lain dan terjadi pertumpahan darah.

Ayah Maribaya yang bernama Eyang Raksa Dinata khawatir dengan kondisi tersebut. Dia tidak ingin anaknya menjadi sumber percekcokan. Untuk mencari solusi masalah tersebut, Eyang Raksa memutuskan untuk bertapa di Tanguban Perahu. Dari hasil pertapaannya, Eyang Raksa konon didatangi oleh seorang kakek yang memberinya 2 bokor air. Dia diharuskan untuk membawa bokor tersebut masing-masing ke arah barat dan timur.

Eyang Raksa pun menuruti permintaan itu. Satu bokor air ditumpahkan di daerah yang sekarang disebut Situ Lembang. Selanjutnya, dia meminta Maribaya untuk menumpahkan bokor air lainnya di tempat yang tak jauh dari rumah. Tidak disangka, beberapa hari berikutnya, terjadi sebuah keajaiban.

Lokasi Maribaya menumbahkan air dalam bokor ternyata menjadi sumber air panas. Sontak saja, tempat tersebut pun mulai ramai dikunjungi warga. Apalagi, air panas di situ memiliki khasiat menyembuhkan penyakit. Sejak itu, tempat ini pun dikenal sebagai Wisata Curug Maribaya.

Daya Tarik Curug Maribaya

Sejak ditangani oleh Maribaya Resort, kawasan ini berkembang dengan pesat. Ada banyak tempat yang menjadi pilihan lokasi liburan para wisatawan di area ini, di antaranya adalah:

  • Air Terjun Maribaya

Seperti telah disebutkan, terdapat 3 air terjun di tempat ini. Dari 3 air terjun itu, Curug Cikawari menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Alasannya, karena curug ini tidak terlalu dalam, sehingga tidak berbahaya. Meski begitu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Curug Cigulung sembari bersantai menikmati hidangan di Twig Cafe yang lokasinya bersebelahan dengan air terjun.

  • Sky Bridge Tapak Halimun

Lokasi berikutnya adalah Sky Bridge Tapak Halimun, jembatan dengan suasana pepohonan alami di sekitarnya. Dari jembatan ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan yang menyegarkan mata. Tidak heran kalau para wisatawan kerap menghabiskan waktu di tempat ini untuk berpose cantik dan mengunggahnya ke media sosial.

  • Sumber Air Panas Maribaya

Pemandian air panas di Wisata Curug Maribaya kini telah ditata dengan baik. Suasananya pun jauh lebih bagus dibandingkan dengan pemandian air panas tradisional. Bahkan, sekilas tempat ini memiliki desain tak jauh berbeda dengan onsen atau pemandian air panas di Jepang.

  • Amphitheatre Bale Piton

Bagi wisatawan yang berlibur dengan rombongan, Amphitheatre Bale Piton bisa jadi pilihan. Tempat ini memang kerap digunakan sebagai lokasi gathering untuk berbagai acara, baik acara kantor, keluarga, atau sekadar berkumpul bersama teman.

Aktivitas Wisata di Curug Maribaya

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan ketika berlibur ke Curug Maribaya Lembang. Saat liburan bersama keluarga, tersedia pilihan untuk berkunjung ke Rumah Hobbit dan member makan para kelinci. Tidak ketinggalan, ada pula area permainan yang bakal membuat anak semakin betah di tempat ini.

Selanjutnya, bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana penuh petualangan tapi tetap mewah, glamping alias glamour camping bisa jadi pilihan. Dalam aktivitas ini, wisatawan diajak untuk berkemah. Hanya saja, tenda yang digunakan bukan tenda biasa, tapi tenda dengan beragam fasilitas yang tak kalah dengan kamar hotel.

Pilihan aktivitas lainnya adalah memancing serta menangkap ikan. Untuk melakukannya, wisatawan bisa menuju ke Kolam Talaga Giri. Hanya saja, untuk menggunakan fasilitas ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya ekstra.

Cara Menuju Lokasi

Tempat wisata ini beralamat di Jalan Maribaya nomor 105-202, Lembang, Bandung. Tempat ini bisa dijangkau dengan mudah, baik memakai kendaraan pribadi atau umum. Patokannya adalah berjarak sekitar 6 km dari Pasar Lembang.

Tiket Masuk Curug Maribaya

Setiap pengunjung yang masuk ke area Maribaya Resort akan dikenakan tiket seharga Rp35 ribu. Selain itu, akan terdapat biaya tambahan untuk menggunakan beberapa fasilitas yang ada di dalam area resort. Misalnya, untuk berendam di kolam air panas, setidaknya wisatawan harus mengeluarkan uang seharga Rp75 ribu per orang. Perlu diperhatikan, tempat ini hanya bisa dikunjungi pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, mulai pukul 8 pagi sampai 8 malam.

Fasilitas Pendukung di Curug Maribaya

Cukup banyak fasilitas pendukung yang tersedia di tempat wisata populer Bandung ini. Fasilitas tersebut antara lain adalah:

  • Area parkir yang sangat luas. Bahkan, tidak hanya satu, tapi 2 area parkir sekaligus dan bisa menampung kendaraan besar seperti bus.
  • Toilet bisa dengan mudah ditemukan, baik di dalam ataupun di luar gerbang. Hanya saja, untuk toilet di luar gerbang tersedia tidak secara gratis.
  • Musala terjaga dengan rapi dan bersih.

Hotel di Dekat Curug Maribaya

Saat mencari tempat menginap, wisatawan juga tidak perlu khawatir. Pilihan terdekat yang bisa digunakan tentu saja adalah fasilitas glamping dari Maribaya Resort. Meski begitu, ada pula alternatif penginapan lain yang bisa dijumpai dengan mudah dan tak jauh dari Curug Maribaya.

Pilihan hotel dekat dengan Curug Maribaya juga sangat beragam. Wisatawan bisa menjumpai vila dengan fasilitas lengkap, hotel bintang 5 yang mewah, atau penginapan dengan tarif menginap yang ramah backpacker. Semuanya bisa ditemukan di sini.

Demikianlah tips lengkap Wisata Curug Maribaya yang bisa dimanfaatkan kalau ingin tertarik berkunjung ke sana. Selamat bersenang-senang, ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.