Terminal Wisata Grafika Cikole, Surga Tersembunyi di Bumi Parahyangan

0

Asyiknya berlibur bersama keluarga di tempat yang sejuk dan bernuansa alam. Selain dapat melepas penat, tubuh dan pikiran pun lebih segar ketika kembali. Nah, salah satu tempat yang bisa Anda jadikan untuk rekreasi dan relaksasi di saat bersamaan adalah Terminal Wisata Grafika Cikole.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Alam Grafika Cikole

Wisata alam yang berkonsep one stop destination ini mempunyai area bermain, penginapan, serta restoran dalam satu tempat. Lokasinya pun mudah dijangkau, yaitu di kawasan wisata Lembang, tepatnya di Jl Raya Tangkuban Perahu km 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Jika Anda dan keluarga berencana menghabiskan masa liburan di sana, Anda cukup mengikuti arah jalan ke Lembang atau Gunung Takuban Perahu. Di Km 8, tepatnya di sebelah kiri jalan, Anda sudah bisa menemukan wisata alam bersuhu 20 derajat Celcius ini.

Berangkat dengan kendaraan umum seperti bus pun bisa Anda lakukan. Dari Lapangan Gasibu, naik bus jurusan Ciroyom – Lembang yang dapat ditempuh selama kurang lebih 43 menit. Bus jurusan St. Hall – Lembang yang bisa ditemui di Pasar Baru Trade Centre pun bisa menjadi alternatif. Hanya perlu waktu kurang lebih 35 menit untuk bisa sampai di kawasan wisata Grafika Cikole.

Tiket Masuk Wisata Alam Grafika Cikole

Begitu sampai di lokasi Grafika Cikole, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk dapat menikmati keindahan alam wisata berkonsep pedesaan Eropa ini. Pasalnya, tidak ada tiket retribusi ketika melewati gerbang masuk, alias gratis. Jadi, manfaatkan kesempatan itu untuk merelaksasi pikiran dengan keindahan bukit dan pohon pinus yang memenuhi sekitar area wisata. Anda pun dapat datang kapan saja, sebab wisata ini buka selama 24 jam setiap hari.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Alam Grafika Cikole

Jika sudah berada di kawasan bak surga tersembunyi ini, apa sih yang akan didapatkan? Pastinya banyak. Salah satunya, fasilitas lengkap yang disediakan pihak pengelola, seperti berikut:

  • Mushola

Bagi kaum muslim yang berencana menginap atau sekadar menghabiskan waktu seharian di tempat wisata alam ini, tersedia musala yang bersih dengan peralatan salat di dalamnya. Anda tidak perlu khawatir waktu ibadah terlewatkan selama berlibur.

  • Toilet

Toilet yang bersih dengan fasilitas modern seperti wastafel dan kaca pun disediakan oleh pihak pengelola. Tidak hanya satu kamar mandi yang tersedia, melainkan ada banyak sehingga tidak perlu antre panjang untuk bisa menggunakannya.

  • Toko Suvenir

Ke mana pun Anda pergi, pasti suvenir dan oleh-oleh tidak boleh ketinggalan. Pasalnya, akan ada keluarga yang menanti buah tangan khas tempat Anda berwisata. Karena itu, pengelola Grafika Cikole menyediakan toko-toko suvenir yang berjejer memenuhi pinggiran area parkir.

Aneka makanan kecil bisa Anda beli. Dari mulai kerupuk stroberi, dodol stroberi, keripik jamur, rengginang, opak ketan. Pada waktu tertentu, di sini juga tersedia dodol blackberry yang hanya dapat ditemui di Terminal Wisata Grafika Cikole.

  • Area Parkir yang Luas

Kawasan wisata seluas 12 hektare ini memiliki area parkir yang luas. Cukup untuk menampung puluhan kendaraan, mulai dari mobil pribadi sampai bus-bus pariwisata. Jadi, Anda tidak perlu takut tidak mendapat tempat parkir ketika berkunjung.

Paket Wisata Jungle Tracking

Sudah jauh-jauh datang ke Lembang untuk menikmati keindahan alam Grafika Cikole. Sayang, bukan jika tidak menyempatkan diri menikmati paket wisata yang tersedia? Salah satu paket yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah Jungle Tracking.

Paket wisata jungle tracking merupakan parade wisata berjalan kaki sepanjang 5,5 kilometer sembari mengunjungi kebun sayur, kebun mawar, rumah jamur, dan hutan pinus dengan pemandangan pegunungan di sekitar. Sambil berwisata, Anda dapat langsung membeli hasil panen dari petani bahkan memetik sendiri. Hanya Rp50.000,00/orang, Anda sudah dapat menikmati paket wisata ini plus nasi timbel komplet.

Sudah kenyang, dapat pengalaman menarik lagi bersama alam. Siapa yang tidak tertarik coba?

Paket Wisata Outbond

Anda suka permainan yang memacu adrenalin? Jangan lewatkan wisata outbond yang tersedia di kawasan Grafika Cikole. Ada dua jenis outbond yang dapat Anda pilih, yaitu paket reguler yang berisi flying fox, jaring laba-laba, Jembatan Burma, Jembatan Elvis, jembatan tali dua, serta turun tebing. Semua kegiatan pemacu adrenalin tersebut dapat Anda nikmati dengan tiket terusan seharga Rp50.000,00/orang untuk lima permainan outbond. Murah, bukan?

Ada juga paket khusus untuk rombongan. Baik bagi instansi, perusahaan, sekolah, ataupun komunitas. Peket khusus tersebut dapat dinikmati dengan harga yang berbeda-beda. Outbond dewasa, Anda cukup membayar sebesar Rp85.000,00 untuk paket A dan Rp125.000,00 untuk paket C. Minimal 20 orang untuk bisa menikmati paket ini.

Lain halnya paket sekolah yang dibanderol dengan harga Rp30.000/orang untuk permainan fyling fox, jembatan tali dua, dan jembatan gantung. Jika ingin jenis permainannya lebih banyak, Anda bisa memanfaatkan paket B seharga Rp75.000,00/orang dengan gim ice breaking, bambu goyang, pipe and ball, flying fox, jembatan tali dua, serta turun tebing.

Menginap Semalam di Rumah Hobbit

Seperti konsep yang diusung yaitu one stop destination, tidak hanya ada area wisata dengan segala jenis permainan dan paket yang tersedia. Penginapan juga dapat ditemukan di kawasan wisata ini. Benar-benar paket komplet.

Penginapan paling menarik adalah Pondok Wisata Alam yang berkonsep mirip rumah para Hobbit dalam film Lord of The Ring. Pondok Wisata ini berada di atas bukit dengan hamparan rumput mengelilingi sekitar area penginapan. Terbuat dari kayu, semakin menambah kesejukan dan kehangatan ketika berada di dalamnya.

Terdapat tiga jenis kamar yang masing-masing hanya mampu memuat maksimal enam orang. Di antara ketiga jenis tersebut, Kamar Cemara memiliki balkon yang dapat dipakai untuk menikmati pemandangan hutan pinus di sekitar lokasi pondok.

Dengan harga Rp1.000.000,00/malam (belum termasuk pajak 15% dan service charge), Anda sudah bisa tidur dengan nyenyak di dalam rumah Hobbit ini. Sarapan pagi pun sudah termasuk di dalamnya.

Sarapan Menghadap Alam di Pendopo Alam

Sarapan yang disediakan pihak pengelola Pondok Wisata Alam bisa Anda nikmati di Pendopo Hutan. Sebuah restoran berkonsep terbuka dengan balkon menghadap ke bukit hutan pinus. Restoran yang mampu menampung hingga 200 orang ini dilengkapi pula live music yang dapat menghibur selama Anda menikmati masakan Sunda bersama keluarga.

Menyenangkan, bukan?

Itulah ulasan singkat mengenai Terminal Wisata Grafika Cikole. Selamat berlibur.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.