10 Pilihan Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung Bagi Anda yang Ingin Menikmati One Day Tour

0

Berbicara mengenai liburan di Bandung memang tak ada habisnya. Kota dengan penduduk sebanyak 2,5 juta orang ini menawarkan keunikan budaya dan kuliner yang menarik. Selain itu, beragam tempat wisata dengan berbagai tema, seperti wisata alam dan wisata belanja, turut menjadi faktor pendukung pariwisata di kota yang dikepalai oleh Ridwan Kamil ini.

Banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan membuat kota Bandung ini tidak dapat dijelajahi dan dinikmati dalam waktu satu hari saja. Namun, bagi Anda yang tetap ingin menikmati one day tour, ada beberapa tempat wisata dekat Stasiun Bandung yang layak untuk dikunjungi, dan berikut adalah ulasannya:

1. Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai kota merupakan salah satu pilihan tempat wisata dekat Stasiun Bandung yang banyak dikunjungi wisatawan. Bertempat di jalan Wastukencana, taman ini hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari Stasiun Bandung dan dikelilingi oleh beberapa bangunan bersejarah kota Bandung, seperti Bank Indonesia dan Katedral Santo Petrus.

Di taman ini, anak-anak bisa bermain air sepuasnya di sungai yang melintasi sisi timur taman. Selain itu, tersedia pula area bermain jika tidak ingin berbasah-basahan. Di tengah taman, terdapat patung badak dan sebuah labirin yang mengelilingi pohon beringin raksasa.’

2. Jalan Braga

Jalan Braga merupakan area komersial yang juga merupakan kawasan bersejarah di kota Bandung. Deretan kafe, pub, dan restoran di kiri kanan jalan selalu dipadati pengunjung. Beberapa galeri seni dan toko-toko antik turut mewarnai kawasan yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Stasiun Bandung ini.

Salah satu tempat yang cukup terkenal di kawasan ini adalah restoran Braga Permai yang telah berdiri sejak tahun 1923. Selain Braga Permai, toko roti dan kue Sumber Hidangan merupakan salah satu tempat yang sering disinggahi para wisatawan untuk membeli kue dan menikmati es krim dengan resep klasik.’

3. Chinatown Bandung

Berlokasi di jalan Kelenteng nomor 41, Chinatown Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang cukup baru di kota Bandung. Diresmikan di kuartal kedua 2017, kawasan ini menawarkan petualangan kuliner bagi keluarga dalam atmosfer oriental yang kental.

Beragam barang-barang dan dekorasi bernuansa vintage akan mengajak para pengunjung untuk bernostalgia. Kios-kios bergaya arsitektur tradisional Tiongkok menjual beragam jajanan yang menggugah selera. Di kawasan ini juga terdapat penyewaan cheongsam dan hiburan musik di akhir pekan.

4. Alun-alun Bandung

Berjarak tiga kilometer dari Stasiun Bandung, Alun-alun Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Kota Kembang. Area outdoor seluas 1.200 meter persegi ini berada tepat di depan Masjid Raya Bandung dan dilapisi oleh rumput sintetis sehingga para pengunjung bisa duduk sambil bersantai, terutama di sore hari.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan area bermain anak, lengkap dengan permainan seperti seluncuran dan ayunan. Selain itu, para pengunjung bisa menggunakan jaringan internet nirkabel yang tersedia di sekitar alun-alun untuk mengunggah foto-foto ke media sosial.

5. Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat merupakan salah satu tempat wisata dekat Stasiun Bandung bagi para wisatawan yang ingin mempelajari sejarah bangsa Indonesia. Berlokasi di jalan Perintis Kemerdekaan nomor 5, museum ini bersebelahan dengan GPIB Bethel dan hanya berjarak sekitar 5 menit dari Taman Balai Kota Bandung.

Bangunan yang didirikan pada sekitar tahun 1907 ini masih menampilkan desain arsitektur aslinya. Di tempat inilah Presiden Soekarno membacakan pledoi berjudul Indonesia Menggugat. Selain digunakan sebagai museum, gedung ini juga sering digunakan untuk menggelar acara-acara lain.

6. Museum Konferensi Asia Afrika

Berlokasi di jalan Asia Afrika nomor 65, Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu ikon kota Bandung yang wajib dikunjungi. Berjarak sekitar 3,5 kilometer dari Stasiun Bandung, museum ini bertempat di samping Gedung Merdeka yang menjadi saksi bisu lahirnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di tahun 1955.

Bangunan seluas 7.500 meter persegi ini menampilkan berbagai memorabilia dari KTT Asia Afrika, seperti furnitur, kamera, mesin tik, hingga publikasi internasional. Selain itu, pengunjung juga bisa memasuki aula utama Gedung Merdeka yang dulu digunakan sebagai lokasi konferensi.

7. Jalan Dalem Kaum

Bagi para wisatawan yang ingin berbelanja, jalan Dalem Kaum dapat menjadi destinasi wisata yang tepat. Bertempat di samping kompleks Masjid Raya Bandung, jalan Dalem Kaum merupakan salah satu area komersial yang populer di Bandung. Deretan toko yang ada di sisi kiri dan kanan kawasan pedestrian ini menawarkan berbagai produk, terutama pakaian.

Jalan Dalem Kaum hanya berjarak sekitar 15-20 menit dari Stasiun Bandung. Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi di akhir pekan. Selain toko pakaian, terdapat beberapa gerai street food bagi para wisatawan yang ingin mencicipi jajanan khas Bandung.

8. Taman Sejarah

Taman Sejarah merupakan salah satu destinasi wisata baru yang menjadi pilihan populer keluarga. Bertempat di jalan Aceh nomor 53, taman ini memiliki lanskap modern yang unik dan teduh. Dari Stasiun Bandung, taman ini bisa ditempuh selama sekitar 15 menit.

Di taman ini, terdapat mural yang menggambarkan yang menceritakan sejarah kota Bandung. Selain itu, terdapat pula semacam poster-poster yang menampilkan gambar-gambar para walikota Bandung. Untuk anak-anak, terdapat kolam dangkal yang bisa digunakan untuk bermain air.

9. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution atau yang dikenal pula sebagai Taman Lalu Lintas merupakan salah satu destinasi hiburan tertua di kota Bandung. Taman yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Stasiun Bandung ini menawarkan wisata edukasi bagi keluarga dalam suasana yang teduh dan nyaman.

Di taman ini, anak-anak bisa mempelajari rambu-rambu lalu lintas sambil bersepeda ria mengelilingi miniatur kota. Selain itu, fasilitas tambahan seperti kolam renang, area bermain, dan kereta mini juga tersedia di taman seluas 3,5 hektare ini.

10. Masjid Raya Bandung

Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim, Masjid Raya Bandung juga merupakan salah satu tempat wisata dekat Stasiun Bandung yang tidak boleh sampai terlewatkan. Bertempat di jalan Asia Afrika, masjid ini berjarak sekitar 3,5 km dari Stasiun Bandung dan berada di depan Alun-alun Bandung.

Masjid ini memiliki dua menara kembar di sisi kiri dan kanannya. Di akhir pekan, para pengunjung bisa menaiki lift ke puncak menara dan melihat pemandangan kota dari ketinggian 81 meter.

Itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata dekat Stasiun Bandung bagi Anda yang ingin menikmati one day tour. Dengan lokasi yang strategis dan cukup berdekatan, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan mudah. Selamat berlibur!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.