Taman Bunga Cihideung, Warna-warni Alami yang Segarkan Mata

0

Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Bandung tanpa singgah di Taman Bunga Cihideung Lembang. Apalagi Bandung sudah lama dijuluki sebagai Kota Kembang. Taman bunga ini memiliki ribuan koleksi bunga bewarna-warni yang indah. Cocok sebagai pelepas penat terutama dari rutinitas kerja.

Lokasi

Destinasi wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi No.223, Cihideung, Parongpong, Lembang. Berdekatan dengan detasemen kavaleri berkuda serta Ciwangun Indah Camp membuat Anda mudah menemukannya.

Untuk mencapai taman bunga dari pusat kota Bandung, jarak yang harus ditempuh kira-kira 20 kilometer. Demi mempermudah pencarian, Anda dapat menjadikan kawasan Terminal Ledeng sebagai patokan. Kemudian manfaatkan informasi tambahan dari penduduk sekitar atau gunakan aplikasi Google Maps. Kawasan ini buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati pesona bunga di taman, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Jadi waspadalah bila ada orang yang berusaha memungut biaya. Karena bebas biaya, taman bunga ini menjadi destinasi favorit para penikmat wisata di kawasan Lembang.

Surga Para Pencinta Bunga

Selain menikmati keindahan hamparan bunga-bunga di sini, para pencinta bunga juga dapat membeli bunga favorit untuk menambah koleksi tanaman di rumah. Koleksi bunga melati, mawar, anggrek, hingga aneka bonsai dapat Anda jumpai di sini. Selain itu, Anda juga dapat membeli bunga potong sebagai hadiah untuk teman atau kekasih.

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak diburu oleh para pencinta bunga lantaran koleksinya yang lengkap. Bahkan banyak dari pengunjung berasal dari luar daerah dan sengaja meluangkan waktu untuk mendapatkan koleksi impian.

Taman bunga Cihideung merupakan salah satu tempat budi daya dan pembibitan terbaik di Bandung. Karena itu, harga jual tanaman relatif terjangkau dibandingkan bila Anda membeli di tempat lain, tidak heran jika para penyedia jasa desain taman kerap memasok dari tempat ini.

Selain untuk keperluan pribadi, bunga dari Taman Cihideung biasanya dipesan untuk keperluan dekorasi acara-acara seperti pernikahan atau peresmian gedung baru. Begitu berkembangnya usaha ini membuat banyak warga sekitar yang kini telah beralih profesi menjadi petani bunga.

Harga Bunga di Taman Bunga Cihideung

Harga bunga yang ditawarkan di taman bunga Cihideung Lembang cukup bervariasi, mulai dari 10 ribu hingga jutaan rupiah. Misalnya Anda membeli mawar, tentu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25 ribu. Tak hanya tanaman, pot ekstra juga akan dimiliki. Sementara untuk memiliki bonsai cemara, harganya dibanderol hingga puluhan juta rupiah.

Untuk mendapatkan harga terjangkau, Anda dapat melakukan tawar-menawar dengan penjaja bunga setempat. Bagi yang membeli dalam jumlah banyak biasanya diberi potongan harga. Berkelilinglah sebelum melakukan transaksi agar mendapatkan harga beli yang terbaik. Jangan lupa perhatikan kualitas tanaman yang akan dibeli.

Sebelum membeli, tanyakanlah dengan rinci kepada penjual mengenai jenis tanaman yang Anda sukai. Mulai dari cara perawatan, penyakit yang rentan menyerang, hingga lingkungan yang kondusif untuk memelihara tumbuhan. Pastikan juga Anda membeli tumbuhan sesuai dengan kebutuhan hunian Anda.

Spot Foto Keren

Selain memiliki deretan bunga indah, lokasi taman bunga Cihideung berada 1.100 meter di atas permukaan laut sehingga udara selalu sejuk meskipun matahari menyengat. Hamparan warna-warni bunga berpadu dengan deretan bukit serta panorama sawah nan indah. Tentu kelebihan ini dapat Anda manfaatkan sebagai spot foto yang keren baik bersama keluarga maupun seorang diri.

Foto Tanpa Merusak Keindahan

Meskipun Anda tak perlu membayar biaya masuk, bukan berarti Anda berfoto ria lalu merusak bunga di taman tersebut. Seperti kasus yang terjadi di Taman Bunga Amarillys, Gunung Kidul Yogyakarta. Mereka yang hobi berswafoto dan pamer akun media sosial tega menginjak bunga-bunga yang tumbuh. Alhasil taman nyaris rusak.

Bila Anda tak ingin hal yang sama menimpa Taman Bunga Cihideung Lembang, maka ada beberapa langkah mengambil foto dengan baik tanpa merusak taman bunga:

  1. Patuhi aturan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjaga taman bunga tetap asri adalah dengan menaati aturan yang dibuat pengelola kawasan setempat. Perhatikan di mana saja ada larangan untuk menginjak dan menduduki tanaman tertentu

  1. Optimalkan tongsis

Untuk mendapatkan sudut pengambilan foto yang diinginkan, gunakanlah tongsis.   Anda akan lebih mudah mengarahkan kamera dan menjadikan bunga-bunga menjadi latar foto.

  1. Jaga kebersihan

Usai menikmati keindahan taman dan mengambil gambar, usahakan menjaga kebersihan lokasi wisata. Sampah tentu merusak tampilan estetika sebuah taman. Bila Anda mengonsumsi makanan dan minuman, buanglah sampah pada tempatnya.

Tips Berlibur  Nyaman di Taman Bunga Cihideung

Beberapa tips berikut ini dapat Anda ikuti agar liburan nyaman di taman bunga Cihideung bisa tercapai.

  1. Jangan datang pada saat libur

Lembang telah lama dikenal sebagai tujuan wisata favorit bagi warga di luar Bandung. Karena itu, lalu lintas menjadi cukup padat terutama saat libur akhir pekan atau perayaan libur nasional. Kalau Anda tetap datang, bisa-bisa terkena macet dan membuang banyak waktu di jalan. Karena itu, manfaatkanlah waktu seusai kerja untuk menikmati indahnya taman bunga.

  1. Membawa bekal makanan

Sangat tidak nyaman bila Anda melakukan perjalanan dengan perut kosong. Karena itu, bawalah bekal makanan dan minuman sendiri. Selain lebih murah dan higienis, Anda tak perlu repot berkeliling mencari tempat makan bila merasa lapar tiba-tiba.

  1. Membawa teman

Tidak enak rasanya bila melakukan perjalanan seorang diri. Apalagi ketika terjebak macet. Anda bisa membawa teman atau keluarga untuk menikmati indahnya taman bunga Cihideung sekaligus rekan berbagi cerita dalam perjalanan.

  1. Bawa kendaraan pribadi

Bawalah kendaraan sendiri bila ingin pergi ke kawasan wisata ini terutama bila ingin membeli bunga untuk dibawa pulang. Jalur angkutan umum memang tersedia. Namun dengan mengendarai kendaraan sendiri, Anda tak perlu lagi repot gonta-ganti angkutan.

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda menyiapkan persediaan bahan bakar yang cukup karena cukup sulit mencari tempat penjualannya di sekitar lokasi ini.

Bagi para pencinta lingkungan, jangan ragu lagi berkunjung ke Taman Bunga Cihideung Lembang. Selain menyaksikan cantiknya bunga-bunga, Anda pun harus membeli minimal satu tanaman untuk membuat gerakan penghijauan di rumah. Jangan lupa  mengajak sang buah hati untuk memperkaya wawasannya mengenai dunia flora.

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.