Taman Balai Kota Bandung Semakin Memikat Hati: Jangan Lupa Mampir!

0

Bandung terus berbenah diri. Semenjak masa pemerintahan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, banyak tempat yang semakin dipercantik. Wajah Kota Kembang kini menjadi semakin segar dan layak menjadi destinasi wisata favorit.

Bila Anda pergi ke Bandung baik untuk menghabiskan liburan atau bekerja, jangan lupa mampir ke Taman Balai Kota Bandung. Keindahannya memanjakan mata dan setiap sudutnya instagramable!

Lokasi Taman Balai Kota Bandung

Taman ini berada di jantung Kota Bandung, tepatnya di antara Jalan Merdeka dan Jalan Wastukancana, dan berada dalam kompleks Balai Kota. Lokasi ini mudah dijumpai baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Harga Tiket dan Fasilitas

Jangan khawatir soal biaya karena Anda bisa menikmati wisata populer ini dengan cuma-cuma. Meskipun demikian, fasilitas yang didapatkan pengunjung terasa cukup mewah. Mulai dari akses internet gratis, toilet yang bersih, alat-alat olah raga serta musala bagi yang ingin beribadah. Taman ini mulai beroperasi mulai dari pukul 09.00–18.00 WIB setiap harinya.

Spot Keren di Taman Balai Kota

Kawasan Taman Balai Kota sebenarnya terdiri dari beberapa taman yang berada dalam satu kawasan. Berikut beberapa spot keren yang dapat Anda nikmati.

  • Taman Dewi Sartika

Di area taman berdiri kokoh patung pahlawan wanita asal Jawa Barat, Dewi Sartika. Taman ini memang didirikan untuk menghormati jasa-jasa beliau di bidang pendidikan. Taman Dewi Sartika merupakan taman tertua di Bandung dan telah beberapa kali dipugar.

Kini, taman telah dihiasi beragam jenis tanaman hias beraneka warna sehingga menyejukkan tiap mata yang memandang. Taman ini juga telah dilengkapi dengan kehadiran tiga jenis fauna yakni burung, kelinci, dan rusa yang dikandangkan.

  • Taman Badak

Setelah direnovasi, Taman Badak baru saja diresmikan pada Desember 2017 silam. Memasuki area taman, Anda akan disambut tiga kolam yang biasanya dimanfaatkan anak-anak untuk bermain air. Kemudian terdapat patung badak putih bercula satu yang selesai dibangun pada 10 November 1981. Konon patung didirikan untuk mengingat Bandung pernah didiami binatang purba ini.

Salah satu spot yang menjadi favorit terutama di kalangan kawula muda adalah Gembok Cinta. Konsep ini diadopsi dari Pont de l’Archeveche, Paris, Perancis.

Sebagai tempat mengaitkan gembok, konstruksi besi dan kawat ram dibuat berbentuk prisma. Ukuran lebarnya 2,5 meter persegi dengan tinggi 2 meter. Diatasnya, terdapat tulisan berwarna merah yakni kata ‘LOVE‘. Pasangan muda-mudi biasanya mengaitkan gembok ke tempat yang telah disediakan dengan harapan hubungan asmara mereka akan awet.

Bila terasa haus, di taman 870 meter persegi ini, Anda dapat menemukan fasilitas air siap minum seperti di luar negeri. Keren kan?

  • Taman Labirin

Taman Labirin dulunya merupakan Taman Merpati yang kemudian dipermak menjadi semakin modern. Dalam taman ini, terdapat jalur berliku dengan alas lantai granit selebar setengah meter. Memiliki empat pintu keluar, jalur ini dibuat melingkari dua buah pohon trembesi yang kini telah berusia 100 tahun.

Bukan hanya digunakan sebagai latar untuk foto, taman ini juga ramai dikunjungi anak-anak untuk bermain. Hadirnya Taman Labirin menobatkan Bandung sebagai kota yang serius membangun ruang-ruang hijau bagi publik.

Sejarah Taman Balai Kota Bandung

Taman ini dibangun pada masa penjajahan kolonial Belanda. Dulunya taman ini bernama Pieters Park atau Sitjhoff park. Dibangun untuk mengenang Asisten Residen Priangan Pieter Sitjhoff atas jasanya dalam pembangunan Bandung.

Taman ini juga dikenal sebagai Kebon Raja. Istilah tersebut muncul karena dulu di sebelah timur terdapat Kweekshcool (Sekolah Guru) yang memiliki siswa anak orang terpandang. Kweekshcool lantas dikenal sebagai Sakola Raja. Ketika jam istirahat tiba, para siswa sering berkumpul di lokasi tersebut sehingga kala itu dijuluki Taman Kebon Raja.

Setelah Indonesia merdeka, namanya diganti menjadi Taman Merdeka karena letaknya persis di Jalan Merdeka. Di tahun 1996, taman kembali berubah nama menjadi Taman Dewi Sartika seiring ditempatkannya patung Dewi Sartika. Kini namanya dikembalikan menjadi Taman Balai Kota Bandung sesuai letaknya.

Sementara itu, lahan berdirinya kompleks kantor Balai Kota Bandung kini adalah milik Andries de Wilde, seorang tuan tanah Priangan, yang sebelumnya digunakan sebagai gudang kopi. Pada tahun 1927, gudang kopi kemudian dihancurkan. Kemudian dilakukan pembangunan gedung beserta tamannya.

Dulunya area di depan kantor wali kota hanya berupa tanah merah kosong dan biasanya digunakan anak-anak untuk bermain bola. Sempat diperbaiki beberapa kali, kini menjadi semakin indah sejak dikelola pada masa pemerintahan Ridwan Kamil.

Berwisata Murah ke Taman Balai Kota

Bila Anda ingin melihat keindahan taman populer ini dalam waktu dekat, maka rencanakan perjalanan Anda dengan matang. Biasanya untuk menikmati taman ini, Anda hanya butuh waktu setengah hari saja. Sisa waktunya bisa Anda habiskan untuk mengunjungi objek wisata lain yang dekat dari Taman Balai Kota, misalnya Jalan Braga, Taman Sejarah, hingga Alun-Alun Kota Bandung.

Karena itu, untuk menekan biaya pilihlah rute perjalanan satu hari saja. Bila Anda adalah warga luar Bandung, pilihlah sarana transportasi murah dan nyaman yakni kereta api. Sesampainya di Bandung, banyak angkutan umum yang lewat langsung di depan Balai Kota Bandung.

Sementara untuk urusan perut, terdapat banyak pilihan makanan yang tersedia di sekitar kawasan taman. Tempat makan kaki lima dan restoran sekitar biasanya menawarkan makanan dengan harga lebih terjangkau.

Petunjuk Arah Bagi Pengguna Angkutan Umum

Bila Anda menggunakan angkutan umum dari terminal Leuwipanjang, naiklah Bus Damri jurusan Leuwipanjang–Dago. Perhatikan jalan dan berhenti tepat di depan Balai Kota Bandung.

Sementara dari arah terminal Cicaheum, naiklah angkutan umum bewarna hijau dengan nomor 01 B jurusa Cicaheum–Kalapa, kemudian berhenti di jalan Belitung. Gantilah angkutan lain yakni nomor 10 jurusan Sadang Serang–Stasiun Hall atau nomor 31 jurusan Antapani–Ciroyom. Anda bisa berhenti tepat di depan balai kota.

Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Bawa

Barang pertama yang wajib Anda bawa ketika hendak berwisata ke Taman Balai Kota adalah kamera. Sangat disayangkan bila momen jalan-jalan Anda tidak diabadikan. Kemudian, bawalah jaket atau syal karena udara Bandung cenderung dingin terutama pada malam hari.

Demikianlah informasi yang harus Anda ketahui bila ingin menjadikan Taman Balai Kota Bandung sebagai destinasi wisata untuk mengisi liburan. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.