7 Rumah Makan Sunda Di Bandung

0

Setiap orang punya cara tersendiri untuk mengisi waktu luang mereka. Terlebih setelah sebulan penuh berkutat dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan, dateline yang menumpuk, dan kemacetan ibukota yang mengkuadratkan kejenuhan. Oleh sebab itu, diperlukan managemen waktu yang tepat agar kamu tidak merasa tertekan dengan aktifitasmu. Seimbangkan antara jadwal berlibur dengan bekerja.

Untuk kamu yang menyukai aktifitas outdoor, sederet hobi ciamik seperti mengunjungi tempat-tempat baru yang menawarkan view eksotis atau wisata anti mainstream yang belum pernah kamu coba adalah altenatifnya. Tak hanya mendapatkan pengalaman yang mengesankan, kamu pun bisa mengenal kearifan lokal tanah air tercinta.

Kamu tidak harus mengeluarkan budget yang fantastis untuk memuaskan event refreshing ini, berbekal pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dari internet, kamu pun bisa menekan pengeluaran tanpa kecewa lantaran lokasi yang dikunjungi jauh dari yang kamu bayangkan.

Puas berjalan-jalan, jangan lewatkan kesempatan langka untuk mencicipi hidangan nusantara. Ya, Indonesia, negeri dengan beribu pulaunya ini menyajikan kudapan lezat yang dijamin akan membuat siapa pun ketagihan.

Ciri khas yang diusung oleh kuliner asli nusantara ialah tetap mempertahankan resep warisan dari nenek moyang sekalipun jaman sudah modern. Mereka para generasi penerus sengaja menggunakan peralatan masak tradisional dan bumbu rempah pilihan agar cita rasa hidangan terjaga.

Terobosan ini recommended sekali buat kamu yang hobi berwisata kuliner. Tersedia ratusan menu yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dimana setiap provinsi menyematkan karakteristik tersendiri yang tidak bisa kamu jumpai di lain tempat. Bandung adalah salah satunya. Kota indah berjuluk Paris Van Java ini tersohor dengan makanan Sundanya. Kelezatan tiada tara yang disuguhkan seakan menjadi bukti bahwa eksistensi hidangan ini kian melambungkan namanya.

Racikan tangan-tangan yang ahli memasak tanpa mengurangi selera masyarakat Indonesia adalah alasan mengapa rumah makan sunda di Bandung kian menjamur. Segmentasi pasar yang menjanjikan ditambah dengan banderol harga yang ramah di kantong, jadi kamu tidak perlu khawatir sola anggaran yang mesti disiapkan. Nah, buat kamu yang tertarik mengetes indra perasa, berikut ini adalah daftar 10 restoran sunda yang bisa dijadikan referensi.

  1. Bumbu Desa

Rumah makan sunda di Bandung ini tersohor hingga ke luar kota berkat kelezatannya. Garai pertama Bambu Desa dibuka pada tahun 2004 di Jalan Laswi, Bandung. Hingga kini, Bambu Desa sudah berhasil mendirikan 50 outet di seluruh Indonesia. Saat memasuki restoran ini kamu akan disambut hangat oleh karyawan dengan “Wilujeng Sumping” yang berarti selamat datang.

Kamu bisa menentukan jenis makanan utama seperti nasi putih, beras merah, atau nasi liwet. Opsi lauk pauk yang bisa kamu cicipi juga cukup banyak mulai dari gurame cobek, ayam goreng laos, aneka tumis dan pepes, karedok, dan petai goreng.

  1. Sidang reret

Nama rumah makan sunda di Bandung ini tergolong unik bukan?. Namun tak hanya keunikannya saja yang mengundang banyak wisatawan untuk menyambangi restoran yang melegenda lantaran usianya yang lebih dari 20 tahun. Tempat makan ini punya sejumlah menu andalan seperti olahan ikan gurame dan ikan mas yang dibalut dengan ramuan super nikmat dan akan memanjakan travelling kamu. Restoran yang mampu menampung 300 orang ini juga kondang dengan sate ayamnya. Saung-saung yang dapat memuat hingga 10 orang, pelayan yang mengenakan pakaian sunda, membuat suasana makin terasa nyaman.

  1. Dapoer pandan wangi

Restoran yang berlokasi di Jl Pantura No 38 ini menempati bangunan dua lantai yang luas dengan desain sunda. Kamu bisa menentukan, apakah mau duduk di meja-meja kayu atau lesehan. Rumah makan sunda di Bandung ini sukses mendulang ketenaran setelah kenikmatannya sajian yang disediakan nyaris tanpa tandingan. Ayam ungkep, terong raos, tumisan sayur, dan sop buntut adalah buronan para pelancong yang sengaja datang ke Bandung.

Untuk masalah dana, kamu tidak perlu cemas karena harga yang dipasang sangat miring. Anda harus siap mengantri apabila datang ke sini pada waktu jam makan siang atau hari libur.

  1. Sajian sunda sumbara

Interior sunda kental dengan pajangan wayang dan deretan angklun yang menjadi penghias sisi dalam rumah makan sunda di Bandung ini menampilkan estetika yang tinggi ketimbang tempat makan lain. Variasi menu dengan harga yang tidak mahal menjadikan restoran ini selalu difavoritkan warga Bandung dan sekitarnya. Tak jarang, wisatawan dari daerah lain yang sengaja menyempatkan waktunya untuk makan bersama kerabat atau teman dekat di restoran ini.

Nasi yang diolah dengan beraneke teknik seperti panggang, anglo, tutug oncom, liwet, dan songsong makin meningkatkan antusiasme pengunjung. Uniknya, semua menu ditata menyerupai prasmanan. Kamu bisa mengambil sendiri menu yang hampir siap saji itu sebelum pengolahan terakhir seperti digoreng. Sajian sunda sumbara ini terletak di Jalan Trunojoyo No. 64, Bandung.

  1. RM Cikawao

Untuk rumah makan sunda di Bandung yang selanjutnya lekat sekali dengan masakan jaman dahulu. Ya, bersantap di RM Cikawao yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an dan dipegang oleh generasi ketiga ini masih memegang resep turun-temurun tanpa mengubahnya sedikitpun. Beberapa menu jadul yang bisa kamu coba adalah semur jengkol, karedok leunca dan cobek genjer. Jangan luputkan ayam goreng bumbu kuningnya yang berhasil menggasak pujian dari pengunjung rumah makan sunda di Bandung ini.

Buat kamu yang merupakan penggemar santapan pedas, sambal : dadak, terasi, dan oncom dikhususkan untuk menaikkan hasrat makanmu. Rumah makan ini berlokasi di Jl Cikawao No. 7, Bandung.

  1. Sari Sunda

Rumah makan sunda di Bandung ini punya tiga cabang. Bangunannya yang luas dengan arsitektur bergaya sunda, juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak-anak tidak hanya dianjurkan buat kamu yang penasaran dengan nikmatnya sajian sunda ini. Gazebo yang diletakkan di tengah taman yang asri makin menunjukkan nuansa alamnya. Gurame yang digoreng dengan tampilan berbentuk sayap, nasi timbel, karedok, dan gurame acar kuning.

Lokasi RM Sari di Bandung berada di Jalan Soekarno Hatta No. 479 B, Dr. Setiabudhi No 86-88 dan Lengkong Besar No. 69.

  1. RM Raja Rasa

Solusi jitu buat kamu yang doyan seafood sekaligus tergiur dengan makanan sunda. RM Raja Rasa letaknya di Jl Setra Satria no 1, depan kompleks pertokoan Setra Sari. Restoran ini menempati gedung berlantai dua yang didekorasi dengan menarik. Model etnik sangat mendominasi rumah makan sunda di Bandung ini.

Kamu akan disuguhi merdunya alunan angklung dengan kecipik ikan di kolam koi. Menu paket untuk empat orang cocok banget buat kamu yang datang bersama keluarga. Udang galah bakar, tahu goreng berbumbu, kepiting saus singapur, dan gurame bakar jimbaran akan membuat kamu kecanduan dan datang ke sini lagi.

Bagaimana? Masih bingung setelah mengetahui 7 rumah makan sunda di Bandung tersebut?. Pastikan tubuh dalam keadaan fit dan anggaran yang mumpuni ya?. Biar liburan kuliner kamu jadi tambah seru.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.