Jalan-Jalan ke Bandung? Singgahi 10 Restoran Sunda di Bandung Berikut Ini

0

Indonesia memang negara yang amat kaya. Tak hanya kaya akan destinasi wisata alamnya yang menampilkan pemandangan yang begitu memukau, tetapi juga memiliki hasil rempah yang melimpah. Tak heran jika Indonesia memiliki ragam kuliner dengan cita rasa yang khas di setiap daerahnya. Masakan Sunda menjadi salah satu jenis kuliner yang amat digemari para wisatawan. Kuliner khas Jawa Barat ini memiliki keunikan rasa yang begitu menggugah selera.

Bandung adalah salah satu destinasi yang sering dikunjungi karena banyaknya rumah makan yang menyajikan masakan Sunda. Penasaran bagaimana lezatnya kuliner yang didominasi rasa gurih dan pedas ini? Berikut 10 restoran Sunda di Bandung yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Kota Lautan Api ini:

1. Rumah Makan Kampoeng Sawah

Restoran Sunda di Bandung pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Rumah Makan Kampoeng Sawah. Rumah makan ini berlokasi di Jl. Gandarsari No. 152, Cangkuang, Bandung, tepatnya di arah pertigaan menuju kawasan wisata Ciwidey. Menu masakan khas Sunda yang ditawarkan di sini begitu beragam, harganya pun terbilang murah. Selain restoran, tempat ini juga menawarkan wisata pemancingan dan juga kolam renang lengkap dengan wahana permainannya.

2. Rumah Makan Alas Daun

Berikutnya, ada Rumah Makan Alas Daun yang berlokasi di Jl. Citarum No. 34, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung. Tak seperti restoran kebanyakan, Rumah Makan Alas Daun hadir dengan konsep makan tanpa piring alias menggunakan daun pisang. Keunikan ini tentu menghadirkan sensasi makan ala Sunda yang begitu kentara. Restoran dengan konsep prasmanan ini menawarkan bermacam menu yang bisa Anda pilih sendiri.

3. Rumah Makan Ampera

Nama Rumah Makan Ampera pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Rumah makan dengan banyak cabang ini begitu terkenal akan sajian makanan dan minuman khas Sunda-nya. Di Bandung, Anda tak perlu kebingungan mencari lokasi Rumah Makan Ampera, karena restoran ini memiliki 9 cabang! Beberapa di antaranya adalah di Jl. Soekarno Hatta, Dipatiukur, Dewi Sartika, dan masih banyak lagi. Restoran ini amat terkenal di Kota Bandung, Anda pasti tak akan kesulitan menemukannya.

4. Rumah Makan Sindang Reret

Rumah Makan Sindang Reret adalah rekomendasi restoran Sunda di Bandung berikutnya yang wajib Anda coba. Restoran yang beralamat di Jl. Surapati No. 53 Bandung ini tak pernah sepi pengunjung. Selain sebagai restoran yang menawarkan menu-menu sajian khas Sunda yang begitu lezat, tempat ini juga menawarkan penginapan bagi para wisatawan yang ingin bermalam. Tak hanya di wilayah Surapati, Anda juga bisa mengunjungi Restoran Sindang Reret di wilayah Cikole dan Ciwidey.

5. Rumah Makan Sambara

Rumah Makan Sambara berada di Jl. Trunojoyo No. 64, Bandung. Sambara adalah salah satu restoran Sunda di Bandung yang menawarkan aneka sajian dengan harga terjangkau. Tempatnya didesain dengan perpaduan konsep modern dan tradisional, dengan tungku-tungku dan wajan berbahan batu sebagai wadah untuk menghidangkan makanan. Restoran ini juga mengusung sistem prasmanan, sehingga para pengujung bisa melihat semua menu yang disajikan.

6. Rumah Makan Cikawao

Selanjutnya, ada Rumah makan Cikawao, yang menjadi pelopor munculnya restoran Sunda di Bandung. Restoran yang beralamat di Jl. Cikawao No. 7, Paledang, Lengkong, Bandung ini telah ada sejak tahun 1950. Keunikan dari Rumah Makan ini ada pada cara penyajiannya. Jika kebanyakan restoran Sunda mengusung konsep prasmanan, Rumah Makan Cikawao menggunakan cara yang sama seperti restoran Padang. Jadi, ketika Anda duduk, pelayan kemudian membawakan berbagai sajian ke meja Anda.

7. Nasi Timbel Bawean

Nasi timbel juga menjadi salah satu sajian khas Sunda yang cukup diminati. Nasi timbel berupa nasi putih yang dibungkus daun pisang dengan lauk berupa tempe, tahu, ayam goreng, sambal dan lalapan. Di Bandung, salah satu rumah makan yang menyajikan nasi timbel enak dengan harga yang sangat terjangkau adalah Nasi Timbel Bawean. Lokasi rumah makan ini berada di Jl. Bawean Pav. 3, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung. Satu porsi lengkap nasi timbel di sini dibanderol seharga Rp25.000,00. Tak heran jika tempat ini juga menjadi tempat makan favorit anak muda Kota Bandung.

8. Dapoer Pandan Wangi

Dapoer pandan Wangi berlokasi di Jl. Patuha No. 38, Bandung. Restoran yang menempati sebuah bangunan dua lantai ini didesain dengan konsep khas Sunda yang begitu kental. Ada dua jenis tempat yang bisa Anda pilih untuk bersantap, yaitu lesehan atau duduk di meja-meja kayu. Restoran Sunda di Bandung ini memiliki beberapa menu unggulan, di antaranya ayam ungkep, terong raos, dan ayam kukus. Restoran ini begitu ramai dikunjungi ketika jam makan siang atau memasuki masa liburan.

9. Rumah Makan Ma’ Uneh

Ingin mencicipi sajian Sunda dari racikan resep turun-temurun? Rumah Makan Ma’ Uneh tempatnya. Rumah Makan ini memiliki dua cabang, yaitu di Jl. Pajajaran dan Jl. Setiabudi, Bandung. Saat memasuki restoran, Anda akan disambut dengan interior bambu berpelitur yang sangat dominan, mulai dari kursi, meja, hingga dinding dan atap yang dibuat dari anyaman bambu. Semua sajian di tempat ini dihidangkan secara prasmanan, dengan menu andalan berupa ayam goreng, ikan goreng, dan harmis.

10. Rumah Makan Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

Rekomendasi restoran Sunda di Bandung terakhir adalah Rumah Makan Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom, yang beralamat di Trunojoyo No. 62, Citarum, Bandung Wetan, Bandung. Rumah makan murah meriah di Bandung ini menyajikan berbagai sajian khas Sunda secara prasmanan. Uniknya, Anda tidak akan menemukan piring dan gelas modern di tempat ini, karena perabotan makannya berbahan seng. Tumis genjer, pepes peda, dan ulukuteuk leunca adalah beberapa menu andalan yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sini.

Sekarang, Anda tak perlu bingung lagi mencari restoran Sunda di Bandung yang enak. Bahkan, tak hanya satu, Anda pun bisa menyambangi semua rekomendasi restoran di atas untuk memuaskan lidah dan perut dengan lezatnya masakan Sunda. Tunggu apa lagi, segera berkemas dan rencanakan wisata Anda di Bandung sekarang juga!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.