Floating Market Lembang, Paket Lengkap Wisata Keluarga

0

Bandung memiliki sejuta daya tarik wisata yang tak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Selain dikenal sebagai surganya fashion, Bandung masih mempunyai pesona wisata alam dan wisata kuliner yang memikat. Bagaimana jadinya jika konsep wisata alam, wahana permainan, dan wisata kuliner digabungkan dalam satu lokasi? Floating Market Lembang jawabannya.

Tempat ini menggabungkan wisata alam pedesaan dengan konsep pasar terapung seperti di Bangkok, Thailand, dan Sungai Kuin di Banjarmasin. Di tempat ini Anda dapat menyegarkan pikiran di taman dengan suasana pedesaan, bermain bersama anak, dan menikmati aneka kuliner khas Indonesia dan mancanegara.

Akses ke Lokasi

Floating Market Lembang yang mulai dibuka sejak Desember 2012 ini berlokasi di Jalan Grand Hotel No.33 E, Lembang, Bandung Barat. Cara menuju ke sana cukup mudah. Jika dari arah Bandung melalui Jalan Setiabudi-Ledeng dan Lembang, Anda harus melewati Pasar Lembang. Kemudian berputar ke arah jalan yang menuju ke Bandung. Setelah itu, Anda akan melewati Jalan Grand Hotel tempat wisata tersebut berada.

Kawasan wisata seluas 7 hektare ini dibuka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB untuk hari biasa. Sementara pada akhir pekan, ditutup pada pukul 20.00 WIB.

Wisata Kuliner Terlengkap

Meski berkonsep pasar, Anda tidak akan menemukan sayuran, buah, maupun belanjaan seperti pasar yang dikenal umumnya. Di pasar terapung ini justru ada 46 perahu yang menjual aneka kuliner dan suvenir.

Jajanan yang dapat Anda temui antara lain surabi, siomay, ketan bakar, tahu lembang, martabak, otak-otak, dan tempe mendoan. Harga makanan ringan cukup murah, mulai dari Rp5.000,00 setiap porsinya. Adapun makanan berat dapat diperoleh mulai dari harga Rp35.000,00.

Selain area pasar terapung, terdapat saung yang menyediakan menu ikan bakar dan ikan goreng.. Tersedia juga ragam makanan lain, seperti soto, mi ayam, bakso, seafood, nasi timbel, rujak buah, dan seblak.

Di samping makanan khas nusantara, Anda juga bisa menjajal kuliner ala barat di area rockpool. Pizza, steak, dan pasta dengan cita rasa khas mampu menggoyang lidah Anda.

Fasilitas Bersih dan Lengkap

Objek wisata yang satu ini dilengkapi fasilitas yang lengkap untuk keperluan wisatawan, meliputi:

  • Musala

Bagi wisatawan muslim, fasilitas satu ini sangat penting agar dapat menjalankan kewajiban dengan leluasa. Tersedia musala yang terpisah antara pria dan wanita, dengan tempat wudu dan ruang salat yang bersih.

  • Resto dan saung

Selain di kawasan pasar terapung, Anda dapat menikmati kuliner di resto dan saung yang disediakan. Sambil menikmati pemandangan Situ Umar dan Gunung Tangkuban Perahu, tentu semakin menambah selera.

  • Area bermain

Floating Market Lembang didesain sebagai tempat wisata keluarga yang  menyediakan arena bermain sambil belajar bagi anak-anak. Terdapat Taman Miniatur Kereta Api, Kampung Leuit, Pancing Magnet, serta Taman Kelinci yang cocok untuk bermain bersama anak-anak.

  • Track pejalan kaki yang baik

Anda dapat mengitari kawasan pasar terapung dan sekitarnya dengan berjalan kaki sambil bercengkerama. Track pejalan kaki yang tersedia cukup baik dan aman, sehingga Anda tidak akan tersandung atau tergelincir.

  • Toilet

Meski jumlahnya tidak begitu banyak, toilet di kawasan ini cukup bersih dan nyaman.

Wahana Permainan Beragam

Wisata pasar terapung Lembang ini menghadirkan tema wisata kuliner, wahana edukasi, dan arena permainan yang sangat lengkap. Ada Taman Angsa dan Taman Kelinci yang cocok untuk memperkenalkan dunia satwa kepada anak-anak. Ada juga wahana permainan yang cukup menantang seperti flying fox dan ATV. Untuk sarana edukasi, ada Taman Miniatur Kereta Api yang menampilkan miniatur kereta api beserta pemandangan alam di sekitarnya; dengan skala 1:24, miniatur tersebut, menjadi yang terbesar di Indonesia.

Tiket Masuk yang Murah

Untuk masuk ke Floating Market Lembang, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp20.000,00 yang diberlakukan sejak 24 Desember 2015. Harga tiket tersebut terbilang murah, karena tiket dapat ditukar dengan minuman hot cappucino, hot chocolate, dan lemon tea, yang dapat menghangatkan badan Anda sebelum mengelilingi kawasan wisata. Adapun transaksi di kawasan wisata ini dilakukan dengan koin yang dapat dibeli secara terpisah.

Parkir kendaraan juga tidak terlalu mahal, tarif Rp30.000,00 dikenakan bagi kendaraan roda empat dan Rp5.000,00 bagi kendaraan roda dua.

Sementara itu, harga tiket permainan dan wahana untuk satu orang seharga Rp25.000,00, meliputi outbond anak-anak dan Lokomotif Mini. Tiket seharga Rp20.000 untuk Taman Kelinci, Taman Miniatur Kereta Api, becak dan mobil mini, Pancing Magnet, dan sewa kereta air selama 20 menit.

Anda juga dapat menyewa paddle boat dengan tarif Rp30.000,00 dan sepeda air Rp50.000,00 selama 30 menit. Bisa pula menyewa sampan dengan harga Rp70.000,00 untuk 4 orang selama 30 menit, dan kano Rp50.000,00 untuk dua orang selama 30 menit.

Spot Foto Terbaik

Tidak sempurna rasanya kunjungan ke tempat wisata tanpa aktivitas selfie dan wefie dengan berbagai gaya bersama keluarga. Floating Market Lembang menyediakan spot-spot terbaik untuk mengabadikan momen berwisata Anda.

  • Tengah danau

Danau dan perahu menjadi ciri khas pasar terapung yang mesti Anda abadikan dengan kamera. Anda dapat menyewa perahu, kemudian minta bantuan rekan untuk mengambil foto Anda dengan latar belakang tulisan Floating Market Lembang dan pegunungan yang indah.

  • Taman Kelinci

Jika membawa anak-anak, biarkan mereka berinteraksi dengan binatang di kawasan ini. Sambil menemani mereka bermain, Anda dapat mengabadikan momen dan ber-selfie dengan kelinci.

  • Becak mini

Sambil menemani anak mengayuh becak mini yang unik, Anda dapat ber-selfie dengan mereka atau memotret mereka dengan pose yang lucu.

  • Miniatur kereta api

Berfoto dengan miniatur kereta api ini, Anda akan terlihat seperti raksasa. Miniatur kereta api rute Padalarang tersebut juga terlihat nyata jika difoto secara close up.

  • The Rock

The Rock merupakan salah satu spot foto terbaik di Floating Market Lembang. Dekorasi dari fosil kayu yang disusun secara artistik memberi kesan antik pada kawasan ini.

Kekurangan

Floating Market Lembang, dengan keindahan alam ala pedesaan yang disajikan, wahana bermain yang lengkap, dan aneka kuliner lezat, menjadi paket lengkap untuk wisata keluarga. Kekurangan dari tempat wisata ini hanya terdapat pada pembelian koin transaksi yang cukup merepotkan. Wisatawan harus mengantre di setiap wahana yang akan dimasuki untuk mendapatkan tiket setelah menukarnya dengan koin. Selain itu, jalan ke arah Lembang yang selalu macet di akhir pekan juga menjadi kendala.

Meski demikian, Floating Market Lembang tetap menjadi tempat wisata yang direkomendasikan untuk Anda dan keluarga karena keindahan dan keunikan konsepnya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.