Liburan Asyik di Farmhouse Susu Lembang

0

Farmhouse Susu Lembang adalah satu dari sekian tempat wisata keluarga favorit yang ada di kawasan Bandung Barat. Popularitas destinasi wisata yang satu ini bahkan telah melejit sejak awal kemunculannya di penghujung tahun 2015 silam. Hadir dengan menawarkan wisata ramah anak berkonsep pertanian dan peternakan, dijamin Anda sekeluarga akan mendapatkan momen liburan yang takkan terlupa.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan tempat rekreasi yang satu ini, yuk simak segala hal yang berkenaan dengannya.

Sekilas Tentang Farmhouse Susu Lembang

Sesuai namanya, Farmhouse merupakan rumah penjualan susu yang dibangun dengan konsep agrikultur khas pedesaan. Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 2 ha, menjadikan tempat wisata ini menyediakan banyak hal menarik utamanya yang berkenaan dengan aktivitas pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Uniknya, tempat wisata agrikultur ini dibangun dengan konsep yang mengadopsi suasana khas pedesaan abad pertengahan Eropa, lo. Jadi, tak heran jika Anda akan disuguhi dengan bangunan-bangunan bergaya mediterania Eropa kuno. Wah, serasa berada di Eropa banget, ‘kan?

Dalam sejarah Eropa, konsep bangunan Farmhouse ini biasa disebut dengan Folk House, yaitu kompleks rumah petani yang langsung dikombinasikan dengan tempat pemeliharaan hewan yang dikenal dengan sebutan Housebarn. Kemudian, juga terdapat beberapa bangunan lain yang berfungsi sebagai lumbung guna menyimpan hasil pertanian. Tak heran jika tempat wisata tesebut menyuguhkan aktivitas pertanian dan peternakan sekaligus.

Daya Tarik Wisata Farmhouse Susu Lembang

Selain dikenal sebagai kawasan wisata agrikultur, Farmhouse juga dikenal sebagai kawasan wisata selfie. Hal ini tak lain karena terdapat banyak spot menarik dan instagrammable yang wajib  diabadikan dalam jepretan kamera.

Secara rinci, berikut daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

  • Wisata Bergaya Eropa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Farmhouse adalah objek wisata yang mengusung konsep dan desain khas Eropa. Di sini Anda akan disuguhi bangunan-bangunan bergaya futuristik dan klasik ala Eropa zaman dulu. Suasana ini pun akan semakin berkesan dengan adanya jasa penyewaan kostum/pakaian khas Eropa, yang akan semakin membuat Anda serasa berada di sana. Anda bisa menyewa kostum ini seharga minimal Rp.50.000/jam, Anda pun bisa menggunakannya untuk berfoto ria ala noni-noni Eropa.

  • Rumah Hobbit

Bagi Anda para pencinta film box office Hollywood, tentu tidak asing lagi dengan makhluk bertubuh pendek yang dikenal dengan sebutan Hobbit, bukan? Nah, jika selama ini Hobbiton (rumah Hobbit) diyakini hanya berada di New Zealand sebagai lokasi syuting film, ternyata kini bisa Anda temukan di Bandung. Ya, tepatnya di Farmhouse Susu Lembang.

Layaknya rumah Hobbit yang asli, rumah mini ini juga didesain berbentuk bulat dengan atapnya yang berbahan dasar rumput hidup. Karena ukuran tingginya yang hanya setengah manusia, Anda diharuskan untuk membungkukkan badan jika ingin masuk dan berjalan-jalan di lorong rumah. Terlepas dari itu, rumah Hobbit juga menjadi salah satu spot menarik yang tak boleh dilewatkan, ya.

  • Mini Waterfall

Sebagai daerah yang berada di ketinggian dan dikelilingi kawasan pegunungan, Bandung memang memiliki beberapa objek wisata air terjun terbaik. Sebut saja seperti Curug Malela, Curug Pelangi, dan Curug Bellarosa. Namun, bagi Anda yang belum sempat mengunjungi dan menikmati keindahannya, kini Anda bisa menikmati pemandangan serupa di kawasan Farmhouse. Meski berukuran mini dan merupakan air terjun buatan, pemandangan yang ditawarkan juga tak kalah memesona.

  • Gembok Cinta (Love Lock)

Siapa bilang romantisme “gembok cinta” hanya ada di Paris dan Seoul? Nyatanya, Bandung pun memilikinya. Ya, Anda bisa mengabadikan momen bersama pasangan dengan menuliskan nama dan harapan di sebuah padlock (gembok). Kemudian, gantungkan gembok di Jembatan Gembok Cinta Farmhouse. Oh ya, jembatan ini didesain dengan konsep layaknya Jembatan Cinta ‘Port De Art’ Paris.

  • Kebun Binatang (Pettin Zoo)

Meski bukan tergolong kebun binatang yang besar dan lengkap, Pettin Zoo juga merupakan area yang wajib Anda kunjungi. Di sini, Anda bisa menikmati kelucuan aneka satwa, seperti kelinci, aneka jenis burung, iguana, angsa, kalkun, serta sapi dan kambing. Anda pun bisa berinteraksi dengan mengelus, menyentuh, atau bahkan memberinya makan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan proses pemerahan susu sapi dan kambing secara langsung, bahkan dengan tangan sendiri.

Wisata Kuliner dan Belanja

Setelah lelah beraktivitas, kini saatnya Anda bersantai dan menikmati suguhan kuliner. Terdapat beberapa restoran bergaya klasik Eropa yang bisa dikunjungi, seperti restoran Farmhouse dan Cafe Backyard Kitchen. Keduanya akan menyajikan santapan lezat, baik yang berasal dari menu lokal khas nusantara maupun menu makanan ala western. Di sini, Anda bahkan bisa menikmati croissant dan aneka bakery khas Eropa dengan harga hanya sekitar lima ribu rupiah. Meski berukuran kecil, dijamin rasa butter, keju, dan cokelatnya sangat terasa.

Terakhir, saatnya Anda berbelanja buah tangan khas Farmhouse. Di area tempat wisata ini Anda bisa menemukan beberapa toko suvenir, seperti Poeny & Pine dan toko suvenir berbentuk bus yang penuh dengan hiasan etnik.

Harga Tiket

Harga tiket resmi per Juli 2017 adalah sebesar Rp20.000, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tiket ini juga berlaku untuk semua hari, baik itu weekday, weekend, maupun long weekend. Uniknya, dengan harga tiket ini Anda juga akan mendapatkan welcome drink berupa susu murni dengan varian rasa dan setusuk sosis bakar/goreng. Namun, harga tiket tersebut belum termasuk biaya sewa/tiket wahana.

Untuk biaya parkir, motor akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 dan mobil/bus sebesar Rp10.000.

Alamat dan Jam Buka

Tempat wisata agrikultur yang berlokasi di Jl. Raya Lembang No. 108 ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap, Anda juga bisa menghubungi pusat informasi di nomor (022) 82782400.

Rute Menuju Farmhouse Susu Lembang

Untuk menuju lokasi ini Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Bagi Anda yang berangkat dari Jakarta, setelah melewati tol Cipularang ambil rute pintu tol Pasteur. Kemudian, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Surya Sumantri dan selanjutnya ke Jl. Setiabudhi – Jl. Raya Lembang. Perhatikan sisi kanan jalan dan akan terdapat tulisan besar sebagai pertanda bahwa Anda telah tiba di lokasi. Jarak lokasi dari pintu tol Pasteur sekitar 16 16 km atau sekitar 1.5 jam perjalanan berkendara.

Tips Berwisata

Bagi Anda yang akan berlibur di musim liburan atau long weekend, usahakan sebisa mungkin berangkat lebih pagi untuk menghindari terjadinya kemacetan yang panjang. Apalagi, jika siang hari kemungkinan besar rute jalan ini akan diberlakukan sistem buka-tutup yang pastinya akan semakin menghambat laju perjalanan.

Yuk, segera nikmati liburan asyik di Farmhouse Susu Lembang.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.