Dusun Bambu Lembang, Wisata Alam di Utara Bandung yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

0

Semua orang pasti butuh liburan. Cepat atau lambat, kadar stres yang menumpuk dari tekanan pekerjaan dan masalah-masalah yang muncul setiap harinya akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Dusun Bambu Lembang dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan level stres Anda. Penasaran dengan objek wisata yang satu ini? Mari simak informasi lengkapnya.

Seputar Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Kembang yang selalu ramai dikunjungi, baik di akhir pekan maupun saat musim liburan tiba. Terletak di sebelah utara Kota Bandung, tempat ini tak hanya menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang asri tapi juga memiliki beragam fasilitas untuk menghibur para pengunjung yang datang.

Mengusung konsep eco wisata, Dusun Bambu memiliki visi yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata sejenis di Bandung. Di tempat ini wahana-wahana yang disediakan bersifat lebih edukatif karena sebenarnya Dusun Bambu juga merupakan sebuah tempat konservasi tanaman bambu. Saat ini saja sudah ada lebih dari 50 jenis bambu yang ditanam di area wisata tersebut. Menarik bukan?

Dusun Bambu memiliki beragam fasilitas yang membuat Anda pastinya betah berlama-lama singgah. Berikut adalah beberapa fasilitas utama yang akan Anda jumpai di kawasan wisata ini.

Taman Arimbi

Taman Arimbi terletak di jantung area wisata Dusun Bambu. Lokasi ini adalah spot foto terbaik bagi Anda yang datang berkunjung. Berdiri di atas lahan menurun yang berbukit-bukit, Taman Arimbi dipenuhi dengan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni serta bermacam-macam tanaman hias yang dapat menenangkan hati dan pikiran Anda. Selain itu, di tempat ini terdapat sebuah sungai kecil yang jernih dan bisa digunakan untuk bermain air.

Restoran Purbasari

Bagi Anda yang berkunjung bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk mencoba mampir ke restoran purbasari yang masih berada di area wisata Dusun Bambu. Restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan khas Sunda ini dibangun dengan konsep tradisional yang kental.

Bentuk tempat makan ini mengikuti arsitektur adat Sunda berupa gubuk-gubuk kecil. Namun karena ketersediaan tempat yang sangat terbatas, tak heran jika tempat ini selalu menjadi rebutan para pengunjung yang kelaparan.

Tak hanya menyuguhkan sajian yang menggugah selera, restoran ini juga mampu memuaskan mata Anda dengan pemandangan indah dari danau yang terletak persis di depannya. Dengan latar Gunung Burangrang yang memesona, lokasi ini adalah salah satu fasilitas Dusun Bambu Lembang yang tak boleh Anda lewatkan!

Jembatan Lutung Kasarung

Jembatan lutung kasarung adalah salah satu wahana favorit di Dusun Bambu yang tak pernah sepi pengunjung. Tempat ini berbentuk jembatan dengan pola bercabang-cabang yang dibangun tinggi di antara pohon-pohon pinus, sangat indah dan asik untuk dijelajahi.

Di area ini juga ada beberapa tempat makan berbentuk sarang burung yang menawarkan beragam menu khas Nusantara. Akan tetapi, karena ruang yang disediakan pada tempat makan di jembatan ini cukup sempit, Anda tidak disarankan untuk membawa terlalu banyak orang ke sana.

Kafe Burangrang

Jika Anda ingin menikmati suasana khas Dusun Bambu dengan sentuhan yang lebih modern, Kafe Burangrang adalah pilihan yang tepat. Berbeda dengan tenpat makan lainnya di Dusun Bambu yang bertema tradisional, kafe ini hadir dengan nuansa modern layaknya kafe-kafe di daerah perkotaan. Meski begitu, variasi menu yang disajikan di kafe ini tetap mengusung konsep masakan Indonesia.

Terdiri dari 2 lantai, pengunjung biasanya lebih memilih untuk makan di lantai bawah karena pemandangan berlatar Gunung Burangrang yang menawan. Harga makanan di kafe ini relatif lebih mahal, namun dengan kualitas makanan dan pemandangan yang diberikan, hal tersebut rasanya wajar.

Pasar Khatulistiwa

Ingin membeli oleh-oleh khas Bandung di Dusun Bambu tanpa perlu membuat kantong jebol? Pasar Khatulistiwa adalah jawabannya! Mengusung konsep toko suvenir serba ada, di lokasi ini Anda akan menemukan puluhan buah tangan asli hasil produksi masyarakat lokal seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kerajinan tangan, baju, bahkan lukisan.

Selain banyaknya pilihan oleh-oleh yang tersedia, harga yang ditawarkan pun relatif murah. Dijamin tidak akan menguras kantong Anda.

Fasilitas Lainnya

Tak hanya tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, Dusun bambu masih memiliki segudang fasilitas yang mampu menjadikan liburan Anda berkesan. Seperti Eagle Camping Ground, Area Panahan Kayu, arena paintball, Children Playground, Wisata Danau Buatan, dan Vila Kampung Layung.

Lokasi dan Rute Menuju Dusun Bambu

Dusun Bambu terletak di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Adapun rute yang bisa diambil adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda datang dari sekitaran padalarang, arahkan kendaraan Anda menuju Kota Cimahi, lalu ikuti terus Jalan Kolonel Matsuri.
  • Jika Anda datang dari gerbang tol Pasteur atau dari Kota Bandung, arahkan kendaraan Anda menuju terminal Ledeng di seberang kampus Universitas Pendidikan Indonesia, lalu ikuti jalan Sersan Bajuri hingga Anda sampai ke Jalan Kolonel Matsuri

Sebagai saran, ada baiknya untuk menggunakan aplikasi penunjuk jalan seperti Waze atau Google Map agar Anda tida tersesat.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Dusun Bambu buka mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB setiap harinya

Harga tiket masuk Dusun bambu adalah:

  • Hari biasa 000
  • Akhir pekan/hari libur 000

Sementara untuk biaya parkir, pengunjung dikenakan tarif sebagai berikut:

  • Motor 000
  • Mobil 000
  • Bus 000

Kelebihan & Kekurangan Objek Wisata Dusun Bambu Lembang

Kelebihan

  1. Lahan bermain yang sangat luas sehingga pengunjung tidak akan cepat merasa jenuh
  2. Fasilitas yang lengkap dan area wisata yang bersih
  3. Ramah untuk segala jenis usia
  4. Tiket masuk yang relatif murah
  5. Cocok untuk liburan bersama teman-teman dan keluarga
  6. Desain area yang modern tapi tetap asri dan bagus sebagai latar foto

Kekurangan

  1. Tidak ada wahana outbond
  2. Beberapa jenis wahana seperti paintball atau panahan kayu mengharuskan Anda untuk membayar lagi
  3. Sangat bergantung pada kondisi cuaca. Jika hujan mendadak turun tak banyak lokasi indoor untuk berteduh
  4. Harga makanan yang relatif mahal untuk jenis hidangan tradisional
  5. Akses kendaraan umum yang sulit (hampir tidak ada)

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan terkait objek wisata Dusun Bambu Lembang. Tunggu apa lagi? Segera jadwalkan kedatangan Anda ke tempat ini dan rasakan sensasi liburan modern di tengah sejuknya alam pegunungan.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.