Serunya Berwisata di Curug Cinulang Cicalengka

0

Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Suasana alam yang sejuk serta warga lokal yang ramah menjadikan lokasi ini destinasi favorit para wisatawan.

Bila kali ini Anda ingin menghabiskan liburan ke tempat wisata air di Jawa Barat, maka Curug Cinulang Cicalengka adalah pilihan yang tepat. Anda dapat bertualang seorang diri atau bersama kerabat terdekat.

Lokasi Curug Cinulang

Curug atau Air Terjun Cinulang terletak di Kampung Cindulang, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung Timur. Karena pengucapan lidah Sunda, curug yang aslinya bernama Cindulang diucapkan menjadi Cinulang.

Tempat wisata ini dapat dijangkau dengan kendaran bermotor karena terletak di pinggir jalan. Untuk sampai ke sini, Anda dapat berkendara melalui jalan raya bypass Bandung–Garut. Air terjun ini berada di daerah lereng pegunungan Masigit Kareumbi, yang disebut Taman Bulu.

Perjalanan Aman ke Curug Cinulang

Jalan menuju objek wisata ini relatif mudah terutama dari arah Garut. Bila membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memasuki tol Cileunyi. Kemudian carilah papan petunjuk menuju lokasi air terjun, tepatnya di persimpangan Desa Cikopo.

Terdapat dua alternatif jalur yang bisa Anda pilih untuk menikmati segarnya curug yaitu melalui Cicalengka atau Cindulang. Namun untuk perjalanan yang lebih nyaman, sebaiknya pilih jalur Cicalengka karena cukup ramai dan tersedia banyak fasilitas pendukung seperti tempat makan dan kios.

Ketika hampir sampai ke tempat tujuan, Anda akan melewati jalan dengan kondisi yang menanjak dan berkelok-kelok. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati. Hindari perjalanan ke lokasi air terjun pada malam atau dini hari. Sebagian jalan yang akan dilewati merupakan hutan belantara dan minim pencahayaan sehingga bisa saja terjadi kecelakaan.

Urungkan pula niat Anda berwisata pada musim penghujan sebab jalanan menjadi lebih licin. Isi penuh tangki bahan bakar kendaraan sebelum pergi karena sepanjang jalan tak akan dijumpai kios yang menyediakannya.

Bagi yang menggunakan jasa kendaraan umum, Anda bisa naik dari terminal bus Cicalengka dan mengambil bus jurusan Cicalengka-Sidulang-Sindangwangi. Tersedia pula ojek yang bisa mengantarkan Anda sampai ke tujuan.

Harga Tiket

Untuk memasuki Curug Cinulang Cicalengka, Anda diwajibkan membayar retribusi. Biaya per kepala yang harus dibayar adalah Rp8000, rinciannya Rp5000 untuk tiket masuk dan sisanya sebagai biaya parkir.

Fasilitas

Dalam kawasan wisata, telah tersedia kamar mandi serta musala bagi yang ingin beribadah. Untuk urusan perut, para pendagang hadir dengan beragam menu minuman serta makanan yang bisa Anda pilih. Anda harus puas hanya dengan menikmati air terjun karena belum ada wahana permainan lain seperti flying fox. 

Keindahan Curug Cinulang

Ketika tiba ditempat pembayaran tiket, suara gemuruh air terjun telah menyambut Anda. Udara sekitar terasa sejuk karena kanopi pohon-pohon rindang menutupi area wisata. Untuk menikmati langsung kesegaran air terjun, Anda harus melewati perjalanan menurun sejauh 100 meter.

Dua air terjun kembar yang tingginya hampir sama, akan membuat Anda takjub kala melihatnya. Air terjun yang satu memiliki aliran yang lebih deras dari air terjun yang lainnya. Keduanya hanya terpisah jarak sekitar 30 meter sehingga menimbulkan hempasan air yang cukup kuat. Bagi yang ingin melepas penat, cocok sekali bila berada langsung di bawah percikan air terjun.

Menurut masyarakat setempat, dulunya terdapat tiga buah air terjun di lokasi ini. Namun seiring berjalannya waktu, salah satu curug perlahan mengering. Bekasnya hingga kini masih dapat Anda saksikan.

Di hadapan air terjun, terdapat bebatuan besar dan biasanya digunakan wisatawan sebagai area bersantai atau untuk berfoto ria. Tersedia juga kolam-kolam alami yang bisa Anda gunakan untuk menikmati kesegaran air.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Bila Anda berwisata ke Curug Cinulang Cicalengka, terdapat beberapa perlengkapan yang wajib dibawa, yakni:

  • Pakaian Ganti

Bagi wisatawan yang berniat bermain air atau berenang, pakaian ganti merupakan hal yang wajib dibawa. Jangan paksakan diri pulang dalam keadaan basah karena akan membuat Anda jatuh sakit. Anda dapat menggunakan fasilitas kamar mandi yang tersedia di dalam kawasan wisata.

  • Jaket

Perlengkapan ini wajib dibawa terutama bila Anda tidak tahan terhadap serangan dingin. Udara dalam kawasan wisata cukup dingin terutama seusai turun hujan. Anda bisa pula membawa minyak angin untuk membantu menghangatkan badan.

  • Kamera

Alat yang satu ini tidak boleh Anda lupakan. Selain untuk mengabadikan momen berlibur, Anda juga dapat membagikannya ke jejaring sosial untuk membantu promosi wisata lokal.

  • Dry Bag

Bagi Anda yang akrab dengan gawai, jangan pernah melupakan benda yang satu ini. Meskipun terlihat sederhana, benda ini dapat menyimpan peralatan elektronik serta barang lain yang mudah rusak ketika terkena air. Apalagi di Curug Cinulang debit airnya besar.

Misalkan Anda tidak memiliki dry bag, maka bawalah tas berbahan parasut. Bila ingin lebih murah, gunakan saja kantong plastik. Namun pastikan akan tertutup rapat nanti.

Mitos Curug Cinulang

Di balik pesona keindahannya, Curug Cinulang masih menyimpan mitos yang dipercaya turun temurun oleh sebagian besar masyarakat sekitar. Mitos tersebut terkait jodoh.

Dipercaya jika pengunjung datang bersama pasangan kekasihnya, maka hubungan tersebut bisa berakhir di tengah. Sebaliknya bila pelancong datang sendiri, ia akan segera bertemu dengan sang jodoh. Kepopuleran mitos ini bahkan membuat seniman Sunda legendaris, Darso menggubahnya menjadi lagu dengan judul “Curug Cinulang”.

Meskipun hanya mitos, banyak yang belum memiliki pasangan datang ke sini dengan harapan segera dipertemukan dengan jodoh idaman mereka. Namun ada juga para pasangan yang tetap menikmati liburan Curug Cinulang karena percaya bahwa jodoh sudah ditentukan Tuhan.

Selain itu, ada pula mitos lain yang berkembang. Disebutkan bahwa di hulu curug, terdapat seekor ular yang sangat panjang, yang membentang dari Kabupaten Sumedang hingga Kabupaten Bandung. Munculnya mitos ini berkaitan dengan keberadaan curug yang terletak di antara dua kabupaten, yakni Sumedang dan Bandung.

Liburan tak melulu harus mahal. Bepergian ke lokasi seperti ini pun dapat memberi banyak pengalaman yang sangat berkesan. Curug Cinulang Cicalengka akan memberi Anda kesegaran alami yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Pikiran akan kembali tenang dan siap melanjutkan aktivitas dengan semangat baru.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.